30 Januari, 2010

Bank Syariah VS Bank Konvensional


Links to this post
Bang bing bung yuk kita nabung
Tang ting tung yuk jangan dihitung
Tau tau kita nanti dapat untung

Masih inget kan sama lagu zaman kita masih kanak-kanak dulu ini? Lagu dengan irama riang ini punya pesan yang dalam sekali, mengajak kita RAJIN MENABUNG. Nah ngomongin soal nabung, temen-temen pada punya tabungan ga nih? Jangan malu karena isinya sedikit, karena ga peduli isinya sedikit, yang penting itu kita rajin nabungnya dan konsisten. Toh sedikit-sedikit lama-lama jadi bukit juga kan?

Dulu, zaman kita masih kecil, kita mungkin mulai dididik sama orang tua kita rajin menabung dengan menyimpan sisa uang saku kita di celengan. Bentuk celengan yang lucu-lucu meniru berbagai karakter kartun membuat kita semangat untuk menyisihkan recehan dari uang jajan kita kan? Nah kalo sekarang berhubung kita udah dewasa, pasti udah ga musim celengan yaaa, nabung ya pasti di bank. Masalahnya adalah, kita mau nabung dimana? Di bank konvensional atau bank syariah? Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. 



Aku di sini cuma pengen sharing aja pengalamanku. Berawal dari kelebihan uang saku yang biasa orang tua kasih, harusnya jumlahnya makin lama makin nambah, lah ini ko jumlahnya ga nambah-nambah yaaa? Hehe, ternyata itu karena akunya sendiri yang sering ga sadar ngambil uang itu buat belanja karena memang sisa uang saku itu ada di saldo rekening bank negara kita nyampur sama uang saku dari orang tua. Kemudian terpikirlah buat memisahkan sisa uang saku tersebut di rekening tersendiri terpisah sama uang kiriman orang tua, niatnya siapa tahu kalo dipisah jadi numpuk hasilnya hehe. 

Aku membuka rekening baru di sebuah bank BUMN terbesar di Indonesia, sebuah bank  dengan sistem konvensional. Lah lah, ternyata walaupun udah dipisah sama rekening uang sakuku ko tetep aja jumlahnya segitu-gitu juga. Kenapa ya? Ternyata eh ternyata, ada dua alasan penyebabnya:

1. Karena aku simpen di Bank BUMN terbesar di Indonesia, ya jelas-jelas ATM-nya tersebar dimana-mana, suka gatel juga tuh buat ambil atau main gesek buat shopping hehe.

2. Namanya juga uang sisa uang saku, jumlahnya ga seberapa toh? Tentu saja bunga yang didapet ga seberapa juga. Lama-lama ya ko abis buat potongan bulanan si bank yang lumayan ya? Hihi, si bunga ga seberapa ini ga bisa nutupin biaya bulanan. Eh bukannya aku ngarep bunganya ya, buat aku sih yang penting uangnya ga berkurang! Lah kalo sebulan dipotong IDR 9k, kalo setaun jadi IDR 108k kan? Lumayan toh buat makan baso 10 mangkok? #gamaurugi hehe.



Akhirnya atas masukan dari teman-teman aku mencoba beralih ke Bank Syariah, masih anak perusahaan Bank BUMN terbesar tadi. Harapannya, dengan sistem bagi hasil dan potongan bulanan yang lebih sedikit, uang tabungan ga seberapa ini aman saldonya, hehe. Alhamdulillah sih, selama beberapa bulan aku jalanin, ternyata memang aman-aman saja. Kenapa?

1. Potongan bulanan lebih kecil dari bank konvensional, sehingga bagi hasil yang diperoleh bisa menutupi biaya administrasi bulanan tersebut. Jadi, saldo tentu saja aman ^_^

2. Jumlah ATM Bank Syariah tidak sebanyak bank konvensionalnya. Jadi berhubung agak susah buat nyari ATM buat ngambil uang, aku jadi ga berminat ngambil uang buat shopping kecuali terpaksa banget hehe. Dan  ruginya untungnya walopun bisa ngambil di ATM bank konvensionalnya, ternyata kena potongan administrasi. Lah, daripada sayang kepotong, mending ga ngambil sekalian hehe #gamaurugi lagi.

Jadi kesimpulanku, nyimpen uang di bank syariah sepertinya memang dirancang untuk menabung (jarang diambil lagi), cocok banget buat aku yang berstatus mahasiswa, belum punya gaji, tapi masih pengen nabung dari sisa uang saku yang ga seberapa jumlahnya. 


Nah, gimana dengan temen-temen? Ah pasti udah pada punya tabungan dengan saldo yang menumpuk ya? Apalagi buat yang udah kerja hihi #mupeng



28 Januari, 2010

Movie: Rumah Dara


Links to this post



Best Indonesian movie kalo menurut aku. Film bergenre slasher ini bener-bener menyuguhkan ketegangan sepanjang film. Sampe-sampe aku ga kuat dan berkali-kali ngeliat jam tangan dan pengen filmnya segera usai karena ga tahan ngeliat adegan sadis yang ditampilkan. Bahkan beberapa kali aku harus menutup mata dengan jari-jari jarang (tetep keliatan maksudnya hehe...).


Kalo yang udah pernah nonton film SAW ya mirip-mirip lah ceritanya tentang orang psycho yang sadis gitu. Film ini bener-bener terobosan baru perfilman Indonesia. Two thubms up deh buat film ini. Highly Recommended deh buat di tonton, jauh banget dibandingin sama film hantu-hantuan bokep ala Indonesia heuheu.


Yaaa, walopun bagus tetep aja emang ada kekurangannya, tapi tetep ya, aku salut banget anak negeri bisa bikin film kaya gini. Acting pemainnya keren banget dari mulai Shareefa Danish, Julie Estelle, dkk, music-nya bikin tegang, efeknya juga bagus, darah dimana-mananya natural banget, ga keliatan kaya darah bohongan. Berarti yang mual dan ga tahan liat darah ga recommend nonton film ini yah. Ceritanya emang biasa aja, standar film sadis-sadisan tapi pengemasannya bikin film ini keren banget. 


So, jangan sampe ngelewatin nonton film ini yaaa :) Eniwei, baru inget ini malam jumat, mudah2an ga kebayang-bayang mayat dan darah dimana-mana heuheu.


ps: sinopsis ceritanya bisa dibaca di 21cineplex, official website Rumah Dara di sini, dan bisa dilihat review para penonton di kaskus, dan ini bonus triler-nya dari you tube.


 


Enjoy everyone ^_^



27 Januari, 2010

KTP (Kartu Tanda Penduduk)


Links to this post



Semua WNI yang udah berusia 17 tahun termasuk kita pasti pada punya KTP kan? Nah yang jadi masalah adalah di kota saat ini kalian berada yang bukan hometown kalian, apa kalian punya juga KTP-nya?


Kemarin, aku diharuskan ke kantor polisi buat ngurus pembuatan SKKB (surat Keterangan Kelakuan Baik). Ribet banget ya ternyata prosesnya, harus ada dulu surat keterangan RT, RW, sampe kelurahan baru bisa menghadap polisi untuk dapetin SKKB ini. Lagi-lagi birokrasi yang berbelit-belit, berapa uang rokok yang harus dikeluarkan di tiap-tiap pos itu kan? Huhu.


Akhirnya, bukannya dapet SKKB, aku malahan kena omel polisi karena ga punya KTP Bandung. Mereka bilang, gimana kalau aku kena razia? So far sih 5 tahun aku di Bandung ga pernah kena ya. Walopun emang pernah denger juga beberapa orang kena razia satpol PP gara-gara ga punya KTP Bandung dan harus membayar denda IDR 100k.


Aku cuma bingung, kenapa sih aku dan warga pendatang lain harus punya KTP bandung segala? Aku toh udah punya KTP daerahku, harusnya KTP itu udah berlaku secara nasional kan? Wong ada peta Indonesia juga di belakang KTP-nya hehe. Aku ga setuju sama peraturan yang mengharuskan orang punya KTP lebih dari satu. KTP itu kan Kartu Tanda Penduduk, artinya tanda pengenal kan? Harusnya, satu untuk tiap orang udah cukup kan? Ga perlu karena kita pindah sementara harus punya KTP daerah itu segala. Kecuali emang bener-bener pindah dan menetap selamanya. Kalo kaya gini, kemungkinan penyalahgunaan KTP malah jadi tinggi kan? Liat aja, penjahat termasuk teroris pasti pada punya KTP lebih dari satu.


Hmm, kalo menurut kalian gimana?


Eniwei, pas aku googling KTP, ada info baru per 27 Januari 2010 ini, ternyata akan mulai diberlakukan e-KTP dengan konsep sidik jari dan chip di e-KTP. Wow, aku setuju banget nih, jadi bener-bener ngehindarin penyalahgunaan KTP. Artikelnya bisa di baca di sini, di sini, dan di sini.





24 Januari, 2010

Jadi Dosen?


Links to this post





Seumur-umur aku ga pernah membayangkan kalo suatu hari aku bakalan jadi seorang dosen. Bercita-cita atau sekedar berangan-angan jadi dosen pun ga pernah. Walaupun kedua orang tua selalu mendorong dan menginginkan suatu hari aku jadi dosen, aku ga pernah meng-iya-kan keinginan mereka.


Kalo tiba-tiba sekarang aku terpilih buat jadi dosen, ini hanyalah musibah kebetulan yang ga pernah aku rencanakan. Ya, berawal dari iseng-iseng apply buat mengisi posisi dosen di salah sebuah universitas di bandung, dengan niat mengisi waktu sambil nyelesein kuliah, dan yah setelah selama sebulan ngejalanin serangkaian tes, akhirnya kemarin aku dinyatakan LULUS. Kenyataan yang ga pernah aku impikan. Hoho...


Antara senang dan bingung, campur aduk rasanya. Senang karena akhirnya aku bisa mandiri dan punya gaji sendiri, malu dong udah punya 2 ijazah masih minta orang tua hehe. Bingungnya, karena aku ga yakin aku bisa. Wow, dosen gitu. Seseorang yang mengamalkan ilmunya, mendidik generasi muda bangsa. Dari awal interview aku sudah diingatkan peng-interview kalo DOSEN = PANUTAN. Rasanya berat sekali memenuhi kriteria tersebut. Sungguh tanggung jawab yang berat. Tapi mudah-mudahan saja aku bisa ngejalaninnya Amiiiin.


Yah, mungkin mulai sekarang aku harus belajar lebih dewasa dan menjaga sikap. Hihi, aku yang kekanak-kanakan dan manja gini ngedadak harus bisa menjadi contoh di depan para mahasiwaku nanti. Lucu aja ngebayanginnya. Dan malahan ada banyak ketakutan-ketakutan ga penting yang sekarang menghantuiku.


1. Gimana kalo mahasiswaku nemuin blog ini? Curahan hati ga penting dari keseharian dosennya? Mereka pasti menertawaiku. Apa aku harus mulai pake nama samaran? hihi..


2. Tentu saja kalo ngajar di depan kelas aku harus berpenampilan sopan, anggun dan berwibawa kan, halah bodor ngebayanginnya. Nah, kalo tiba-tiba aku lagi jalan di mall sama temen-temen dengan pakaian casual atau malahan pake model baju yang lagi tren ngikut-ngikut anak muda, apa kata mereka ya? hihi.. Lah, aku kan masih 23 tahun, palingan sama mahasiswaku beda 3 tahunan, boleh dooong dosennya tetep gaul hihi.


3. Aku takut kepergok lagi pacaran sama aa. Hehe, dosennya kan masih muda dan gaul, belum menikah dan masih pacaran. Malu kayanya kepergok lagi sama aa nonton bioskop, lagi shopping atau makan di resto sama mahasiswaku kan? Haduh haduh...


Bakalan jadi dosen macam apa ya aku ini? Hahahaha.





20 Januari, 2010

Belajar Masak


Links to this post
Tiga hari ini diem aja di kosan. Bener-bener ga ada kerjaan dan membosankan. Ya udah daripada nganggur ga jelas akhirnya aku belajar masak. Hehe, bukan masakan yang aneh dan susah-susah ko, cuma yang gampang-gampang aja ^_^


Perkedel jagung - Ayam kecap

Tumis kangkung - Ikan kembung balado

Penampilan fotonya ga menarik yaaa, hehe, maklum masih amatiran ^_^


18 Januari, 2010

Foto Pre Wedding Haram?


Links to this post
Baru lihat tadi di TVone tentang hukum haram buat foto pre wedding, bahkan sampe fotografer yang motoin itu pre wed pun dinilai haram. Aku bukannya pengen sok-sok-an bijak atau ngasih pendapat sih tentang masalah ini.  Cuma pengen ngungkapin isi hati aja. Berhubung aku belum nikah, dan malahan berencana dan pengen banget kalo nanti nikah ada foto pre wed-nya. Nah kalo haram, rugi dong belum sempet hehe...

Aku sih setuju sama pernyataan MUI-nya kalo mereka mengharamkan misal karena pose-pose pre wed-nya yang terlalu mesra. Sampe ciuman gitu difotonya yaaa mana aku mau, lah kan nanti tu foto pre wed dipajang dan dilihat semua orang kan? Malu banget baru mau nikah udah diekspose, kecuali kalo udah sah nikah terserah aja. Nanti orang tua juga pasti ngamuk ^_^

Nah, kalo foto-foto sopan kaya gini, masa iya diharamin?







ps: foto-foto diambil di sini

 

15 Januari, 2010

Polyvore: Mix and Match


Links to this post
Pernah denger situs Polyvore.com ga? Kalo yang seneng fashion sih pasti udah kenal banget yah sama situs satu ini. Lewat situs ini kita bisa shopping, atau sekedar bikin mix and match fashion sesuai keinginan kita. Jangan khawatir kehabisan ide, karena banyak banget stuff yang udah disediain yang bisa kita mix and match. Dari mulai dresses, skirts, tops, outwear, jeans, pants, shorts, bags, shoes dan accessories. Ini nih salah satu hasil karyaku hehe.

pinky girl
me like tosca
Let's go to party

Huehehe, masih amatir banget. Ga sejago para ahli fashion kaya tiamba aifa, ghaidacaca, atau nana. Cuman iseng-iseng aja ^_^

Btw, Alhamdulillah dapet award lagi nih, dari nana sama henny.
Nah award ini harus dikasih ke 10 orang temen lagi, jadi aku kasih award ini ke :
1. tia
2. mba aifa
3. mba Senja
4. Mba Anna
5. -gek-
6. clara
7. queeniieAngela
8. caca 
9. Ghaida
10. Etha

Untuk 10 orang teman yang beruntung di atas diwajibkan membagi juga kepada 10 temannya. Dan selanjutnya si penerima award harus meletakan link-link diblog sobat yang
ada dibawah ini :

7. rista
8. henny 
9. nana^site


Tips
Biar ga cape, copy paste aja aturan disini plus linknya, udah otomatis ko ngelink ke 10 orang tersebut :D

 

13 Januari, 2010

Sherlock Holmes, Avatar, #365shots


Links to this post

Highly Recommended
.....Telat yaaa baru nonton Sherlock Holmes? Hehe, baru sempet dan baru ada temen nonton. Film-nya seru banget, keren pokonya. Ko bisa gitu detektif satu ini cerdas banget ngambil kesimpulan dari detail-detail kecil yang nampaknya gak penting. Pengen deh bisa cerdas kaya gitu ^_^

Highly Recommended
Nonton Avatar udah lama sih, dari 2 minggu lalu, baru sempet review aja. Recommended banget deh, efeknya bagus. Dan planet pandora-nya keren abis.

Terakhir, ada yang pernah denger 365shots ga? Aku awalnya tahu dari postingannya Mba Anggi soal 365shots ini. Dipikir-pikir seru juga yaaa kayanya kalo ikutan hehe. Jadi 365shots ini artinya kita tiap hari harus ngeshot keseharian kita dalam bentuk foto dan diposting di blog, jadi semacam photoblog keseharian kita. Yaaah aku iseng-iseng aja ikutan, kayanya seru tar akhir tahun aku bisa flash back apa aja yang udah aku lakuin di tahun 2010 ini. Makanya aku bikin account deh di tumblr, biar ga nyatu sama blog ini, plus biar postingnya lebih gampang. Jangan lupa kalo sempet berkunjung yaaa kea 365shots-ku. Oiya kalo buat pengguna twitter, biasanya dipostingannya ngasi hastag seperti ini #365shots di belakang postingnya. Nah begini deh penampakan ke 365shots-ku.

Ayo-ayo pada bikin, kan seru buat jadi kenang-kenangan di tahun-tahun mendatang hehe ^_^

Oiya, makasih buat Riesta untuk awardnya yaaah, keep posting ya say, dan tetep sering-sering berkunjung kesini hehe..




10 Januari, 2010

How Famous are You?


Links to this post


Pernah iseng ga, googling nama kalian sendiri? Hehe, aku suka iseng looh googling nama sendiri. Awalnya sih karena pengen tahu, aku punya kembaran nama ga ya. Kalo ada kan siapa tahu bisa diajak kenalan hehe. Malahan siapa tau mukanya mirip hehe.. Terus tujuannya lagi gara-gara pengen tahu aku terkenal gaa ya hehe ^_^ Iseng-banget-ga-ada-kerjaan.

Terus, pas diteliti ternyata page 1-nya bener-bener site yang nunjukin aku semua, facebook-lah, twitter, plurk, termasuk blog ini sampai tugas akhir alias skripsiku di perpustakaan kampus. Yang paling bikin geli sih ko tugas akhir di website ITB adanya di no 8 dan 9 ya? Kalah jauh dari facebook, padahal ngerjainnya udah susah payah tuh selama 8 bulan T_T

No 1-5

No 6-10

Oiya malahan ada kuis juga tuh 'how famous will you be?' Hasil punyaku begini nih

Jumlah segitu banyak apa dikit yaaa?

Monggo-monggo dicoba iseng-isengnya siapa tahu kita nemu kembaran hehe..

ps: gambar diambil di sini



09 Januari, 2010

Kebayaku


Links to this post
Wanita mana yang ga bangga kalo pake kebaya? Yap, siapapun pasti jadi keliatan anggun kalo pake kebaya. Yah walopun harus bersusah payah make kebaya plus bustier yang ngepas badan, plus susah jalan karena pake rok batik lengkap sama high heels, tapi kayanya kebayar sama kecantikan dan keanggunan yang terpancar hehe. Bukannya tanpa sebab aku tiba-tiba ngomongin kebaya. Aku berencana mau bikin kebaya lagi. Tapi aku lagi bingung nentuin warna buat kebayaku nanti.

Pertama 
Aku pengen kebayaku yang beda warnanya dari kebaya yang udah aku punya. Dipikir-pikir ko kebayaku kebanyakan nuansa pink plus maroon yaaa? haha.

My first kebaya, dipake pas nikahan sodara.
Beli di Pasar Baru Bandung cuma IDR 100k, biasa banget kebayanya.

My Second kebaya. I wore on my graduation day

Green kebaya. Aku paling suka kebaya yang ini, selain juga paling mahal!
Bahan brokat IDR 370k, padahal sekarang berkeliaran bahan palsunya
made in korea cuma seharga IDR 70k hweks..

Kebaya marun, dipake pas sumpah apoteker.
Warnanya terpaksa marun lagi soalnya seragam sama mama dan adeku,
dan mama udah kepalang jahit kebaya warna marun. Harus nurut deh.

Tuuuh kan warna-warna kebayaku itu-itu aja dipikir-pikir heuheu.

Kedua
Aku pengen warna yang elegan. Sebenernya aku udah punya bahan kebaya warna kuning dan gold, dikasi kado pas ulang tahun kemarin dan belum dijahit, tapi aku tetep mau bikin satu lagi kebaya nih. Berhubung aku suka warna biru sempet kepikiran pengen warna biru aja. Tapiii ko kayanya biru kurang elegan gitu ya? Biru muda ataupun biru laut keliatan ga bagus. Sempet juga kepikiran warna grey, tapi sama juga kurang elegan. Mau peach atau ungu, ko masih gradasi dari kebaya yang udah ada ya?

Aku sih udah punya ratusan model plus warna kebaya hasil googling, tapi tetep sampai hari ini masih ga bisa nentuin mau warna apa kebayaku nanti. Harusnya sabtu/minggu ini aku harus udah dapet kainnya soalnya mau langsung dijahit. Hmmm, ada yang punya ide-kah?


07 Januari, 2010

We Really Miss Each Other


Links to this post


........ Dan, hampir sebulan kami ga ketemu. We really miss each other. This LDR is killing us softly haha.

Untungnya tahun baruan kemaren aku liburan ke rumah sodara di Bogor. Dan Alhamdulillah aa bisa nyempetin dari Jakarta mampir ke Bogor. Jadi beginilah tingkah polah kami saat akhirnya bisa ketemu. Bernarsis ria di Botani Square (tau ga sih, ini mall disebutnya BOKER haha jorok banget yah?). Ga sempet kemana-mana sih, jadi maennya cuma nge-mall aja, gapapa yang penting we have quality time ^_^


Lampu-lampunya bagus

Ada air mancurnya tapi ketutupin hehe

Suasana Mall Botani Square

Ngiler ga sama J-Cool-nya hayooo?

Nyam nyam nyam, yummy banget ^_^

Bread talk seharga IDR 10ribu, beli satu gratis 1.
Rasanya? Wuiiih jangan ditanya lezatnya..

Eniwei, aku sempet bingung, kenapa yaaah di sekeliling kita ga ada orang-orang yang juga foto-foto? Atau mungkin ada tapi ga keliatan yah? Terus ko orang-orang pada ngeliatin gitu sama kita? Jangan-jangan mereka mikir kami berdua orang yang baru pertama kali ke mall haha. Pas tanya ke sodara aku kenapa kaya gitu, oalaaahhh jawabannya bikin malu "orang-orang di sini ga pernah narsis foto-foto di mall". Hahaha malu banget masa sih beneran gitu? pantesaaaaan, beda banget deh sama bandung. Semua orang di Bandung foto-foto di mall, Di Ciwalk, Paris Van Java, BSM, heuheu.

06 Januari, 2010

Long Holiday


Links to this post


Yippie, ini posting pertama di tahun yang baru. Happy new year everybody haha, telat banget yaa ngucapinnya ^_^ Pokonya mudah-mudahan tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Amiiiin...

Wah wah, ternyata udah lama banget ya aku ga posting, setaun looh (2009 ke 2010 setaun kan? :D ). Ini gara-gara sok sibuk liburan hehe. Yayaya, aku abis liburan selama 2 minggu, dari 24 desember sampe 5 januari, hoho.. Dan malahan hari ini hari terakhir UAS, jadi bisa lanjut liburan semester ganjil lagi 4 minggu. Yippie..

Eniwei masih inget ga aku pernah bilang kalo liburan kemaren aku mau berenang? Hehe, mau kasi liat aja, view sekitar kolam renangnya yang emang enakeun buat foto-foto hihi.


my little sister and me


tempat makan




Sayang sih fotonya kebanyakan foto kami berdua, malah sama sekali ga ada foto yang bener-bener pure nunjukin view kolam renang haha. Ketauan betapa narsisnya kami ^_^


Mirip ga sih? hehe


 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.