09 Februari, 2011

Kesan-kesan Jadi Dosen (Muda)




Ga kerasa bulan Februari ini tepat setahun aku jadi DOSEN. Yeay. Excited. Bener-bener waktu itu serasa berjalan cepet banget yaaaa. Tau-tau udah setaun aja deh belajar ngajar.

 Ngomong-ngomong, dosen macam apa ya aku? Tanya mahasiswaku dong! Dosen gaul (ngarep)? Dosen baik hati (pastinya)? Dosen cerewet? Dosen judes? Dosen killer (tentu bukan)? Atau dosen super ramah dan menyenangkan (tentunya)? Haha. Well, dosen macam apapun aku di mata mahasiswa, overall setaun ini cukup menyenangkan ternyata jadi dosen hihi (yaiyalah gimana ga seneng, wong jarang dateng ke kampus!). Malah semester ini udah jadi pembimbing serta aja. Hoho, si mahasiswa S2 ini malahan masih butuh sekali banyak bimbingan, eh udah harus ikut-ikutan ngebimbing.

Aku sih cuma pengen cerita aja kesan-kesan aku setaun jadi dosen. Ooooh ternyata gini toh jadi dosen. Jangan2 aku dapet karma, dulu suka kaya gini ke dosen aku hahaha salah satunya ngegosipin! Ih ge-er banget ya, ngerasa sok digosipin mahasiswa ^_^ Apa ya kesan selama setaun ini? Hmmmm, coba aku urut satu satu ya.

  • Jadi dosen bikin stress. Haha.. Ini gara2 aku pas pertama kali dapet giliran ngajar anak2 yg SP (semester pendek) nilai2 mereka jelek banget sampe ada yang nilai UAS-nya 0, iya N-O-L. Yang salah dosennya apa mahasiswanya ya? Jadi tips dari aku: BELAJAR YANG RAJIN. JANGAN NGULANG MATA KULIAH haha sok bijak...
  • Jadi dosen = jadi selebritis. Ini sih aku aja kali sok kepedean hehe. Tapi ya itu ada beberapa friend request di FB dari mahasiswa. Awalnya ga mau friend-an sama mahasiswa. Iiiih, aku kan kadang suka ABABIL haha masa iya dibaca mahasiswa :) Yap bener aja kan kejadian, kadang kalo posting foto sama aa didoain biar langgeng (bagus sih deng :) ).
  • Jadi dosen = belajar dewasa. Kadang kalo lagi kuliah sok-sok ngasih petuah, sok tua deh aku :) 
  • Jadi dosen = ngerasa muda terus. Ih aku jadi lupa umur deh jadinya :) eh tapi aku kan emang masi muda juga. Cuma beda 3 taun sama mahasiswa aku. Aku angkatan 2004, mereka 2007. Ya berhubung umur yang ga beda jauh ini, kadang aku ngerasa mereka nganggep aku kaya kaka kelas/temen. Kadang dalam beberapa hal ngerasa mereka kurang ngehargain aku. Atau mahasiswa sekarang kaya gitu ya? Aku kayanya sama dosen tuh manuuuuuuuuut banget. Anak-anak zaman sekarang dikasi tugas protes mulu hahaha.

Yaaah, walopun ada enak dan ga enaknya jadi dosen, pokonya semoga aku terus menikmati kerjaan sekarang ini sampe nanti-nanti ke depannya. Ga pernah bosen. Ga stress. Justru pengennya FUN. Hohoho...

image source: here

19 comments:

fitrian.net on Rabu, Februari 09, 2011 9:27:00 PM mengatakan...

tadi baru lihat FTV guruku selebritis:)
asyik ya jadi dosen

ica puspita on Kamis, Februari 10, 2011 7:32:00 AM mengatakan...

julukan saya pas kuliah "bu dosen" entah kenapa begitu. setelah lulus berulang kali ditawari jadi dosen sayanya ogah, tau diri lah, jawaban saya begini: "guru kencing berdiri, murid kencing berlari", kalo dosennya macam saya begimana mahasiswanya.... he3, semoga mbak desy dosen yang disayang mahasiswa, amin :))

desieria on Kamis, Februari 10, 2011 8:28:00 AM mengatakan...

@ mba lidya: hehehe, mau minta tanda tanganku mba? #mintadigorok :)

@ ica: wahh ica seru loooh, ayo cobain dong jadi dosen :) Amiiin :)

Henny Yarica on Kamis, Februari 10, 2011 11:56:00 AM mengatakan...

wuih..udah jadi dosen aja nih teteh. alhamdulillah..yang semangat ya, beruntung banget teteh bisa jadi orang yang berani ngomong (apalagi ngajarin) di depan orang banyak. kalo aku sih jangan harap, pasti langsung gugup deh :D

♥ syifa ♥ aulia ♥ 'kakcipa' ♥ on Kamis, Februari 10, 2011 1:53:00 PM mengatakan...

aku sebenernya mau jadi GURU (bukan dosen sih hehehe) tapi sayang guru gajinya kecil...aku ga mau ngecewain orangtua...

tapi kalo aku kuliah nanti mau jadi guru privat ah mau jadiin yang aku ajarin itu ngerti

dEvi on Kamis, Februari 10, 2011 1:54:00 PM mengatakan...

jadi dosen muda pasti sering digosipin ya des, hihihi *soktau mode on :D

Nitya on Kamis, Februari 10, 2011 3:11:00 PM mengatakan...

Wah kayaknya seru ya mbak jadi dosen. Saya masih kuliah mau semester 2, di jurusan pendidikan. Semoga saya juga bisa jadi dosen seperti mbak.
Semangat :)

desieria on Kamis, Februari 10, 2011 10:43:00 PM mengatakan...

@ henny: ayo dong henny, kan udah berani nge-blog, berarti udah berani bercerita :)

@ syifa: wah bagus tuh kuliah sambil cari uang tambahan jajan :)

@ devi: hahaha, betul say #sokgeer

@ nitya: Amiiiiiin, semangat nitya, nanti kamu jadi dosen gaul kayanya :)

Ra-kun tak sendiRIAN on Jumat, Februari 11, 2011 12:19:00 AM mengatakan...

kunjungan ingkat, sekedar menyapa ^^
have a nice day :)

Fenty Fahminnansih on Jumat, Februari 11, 2011 7:28:00 AM mengatakan...

@ica : ayoo caaaa jado dosen *ngomporin* anyway, di Interior buka emangnya ? O_o

Desyyy ... aku malah belum buat postingan beginian, maluu ... hehehe, soalnya aku mendosen begitu2 saja, belum menjadi panutan yang baik ... tapi semoga bisa berkembang seiring waktu *ciieeh* :p

desieria on Jumat, Februari 11, 2011 7:30:00 AM mengatakan...

@ rakun: makasih udah berkunjung..

@ mba fenty: kan sama kita mba, dosen muda yang GAUL huehehehe... Ayo dong buat postingan kesan2nya mba #ngomporin

extraordinarynad on Senin, Februari 14, 2011 5:21:00 PM mengatakan...

saya baru 1 kali ngasi tutorial,, btw cara belajar paling ampuh adl dg mengajar ^_^ mohon bimbingannya ya bu

desieria on Selasa, Februari 15, 2011 11:17:00 AM mengatakan...

@ rynad: iya betuuuul, ngajar itu bikin kita inget lagi sama materi2 yg sebenernya udah lupa :)

-Gek- on Kamis, Februari 17, 2011 10:27:00 AM mengatakan...

dosen itu sebenernya cuma lebih pintar dari mahasiswanya semalam saja.. karena malemnya udah belajar.. hihihihi..

desieria on Kamis, Februari 17, 2011 4:34:00 PM mengatakan...

@ gek: hahaha gek cerdas :)

NINDAAA on Kamis, Februari 17, 2011 11:41:00 PM mengatakan...

wah seru banget ya mbak desii
hehe jadi inget dosenku namanya bu desi

desieria on Jumat, Februari 18, 2011 7:50:00 AM mengatakan...

@ ninda: wah ada bu dosen desi juga ya samaan :)

Biondy on Jumat, Maret 04, 2011 8:35:00 AM mengatakan...

wuah!!! hebat! jadi dosen.....
sukses jadi dosennya. biar mahasiswanya entar kalau lulus tetep inget mbak Desi.

btw blognya saya follow ya :)

desieria on Jumat, Maret 04, 2011 9:08:00 PM mengatakan...

salam kenal biondy :)

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.