23 November, 2009

Tips Patah Hati




Ngaku, siapa yang pernah putus cinta tapi ga sedih? Kayanya ga ada kan? Yaaah, kecuali kamu selingkuh dan sebelum kamu putus ma pacar kamu, kamu udah jadian sama pacar yang baru (yaelah....).

Oh iya, ini bukan cerita tentang aku yang putus cinta kok. Aku cuma pengen komentarin dan sedikit berbagi pengalaman, tentang fenomena putus cinta.

Putus cinta, mau posisinya kamu diputusin, atau kamu yang mutusin, pasti rasanya tetep sakit. Namanya juga kehilangan orang yang kamu sayangi. Sedih, udah pasti. Walaupun cewe lebih keliatan sedihnya karena berekspresi dengan menangis, sementara cowo keliatan lebih tenang (dan ini yang bikin sebel, keliatan kaya ga ada apa, padahal kitanya udah nangis bombay huh). Tapi walaupun sedih dan sakit hati, kita
cewe  ga boleh sedih berlarut-larut, menangis berhari-hari bahkan bisa berminggu-minggu sampai berbulan-bulan. Putus cinta bukan akhir dunia kok. Sedih dan nangisnya cukup 3 hari atau seminggu aja deh. Hehe, ngomong sih emang gampang yaaa.

Aku inget, dulu waktu SMA aku pernah 2 tahun terpuruk (bahasanya booo..) gara-gara putus cinta sama 1st love aku. Namanya juga 1st love, walaupun bukan pacar pertama, tapi kenangannya ga ilang-ilang sampe 2 tahun. Aku sedih banget sampe minta pindah sekolah sama orang tua. Huahaha, kalo diinget-inget sekarang, rasanya konyol banget nangisin orang yang emang udah ga punya perasaan sayang ke kita. Ya masa mau mengemis-ngemis minta dia sayang balik ke kita, ya ga mungkin kan?

Emang yang paling susah dari putus cinta itu ngelupain semua kenangan yang pernah terjadi berdua. Apalagi kalo hubungan yang terjalin udah bertahun-tahun, pasti banyak banget kenangan bersama. Belum lagi yaaa, cewe itu kalo putus cinta masih tetep suka nyimpen kenangan sama mantannya, baik foto-foto berdua, koleksi tiket nonton berdua, diary cerita cinta berdua, hadiah2 dari mantan, dll. Alesannya sih buat kenang-kenangan, padahal benda-benda ini nih yang bikin cewe makin susah lupa ma mantannya, karena makin dilihat malah makin bikin inget. Kadang pergi ke tempat-tempat yang pernah atau biasa kalian kunjungi berdua pun bikin makin inget sama dia.

 Jadi, tips pertama dari aku sih singkirkan semua benda kenangan kamu dan mantan. Kalo kamu ngerasa sayang ngebuangnya, setidaknya pisahin dulu ke boks terpisah dan simpan jauh dari jangkauan kamu. Bagusnya sih emang dibuang, kecuali hadiah yang emang masih bisa dipake semacam boneka, kotak musik, jam dinding bermotif kartun favorit kamu, lampu tidur, dll. Kedua jangan pergi ke tempat biasa kalian pergi. Nanti kamu malah makin inget sama dia, mending kalo cuma inget, eh tiba-tiba kamu malah sampe nangis di tempat itu kan malah bikin malu hoho.

Ketiga, dan ini yang paling penting menurut aku, segera cari cowo baru. Hehe, ini beneran loh, berdasarkan pengalaman aku sendiri, cara terbaik ngobatin patah hati ya nyari orang yang bisa ngisi hati kamu lagi. Dijamin banget deh, kamu ga sedih lagi dan bakalan lupa semua kenangan sama mantan, malah positifnya berganti kenangan baru yang mungkin jauh lebih indah.

Tapi tentu aja sebelum kamu menggaet cowo baru, tips keempat kamu harus perhatiin dulu penampilan kamu. Makanya itu tadi, sedih karena patah hati cukup 3 hari atau sampe seminggu aja. Gimana mau menggaet cowo baru kalo karena efek sedih kamu jadi males merhatiin penampilan, atau kamu pergi ke sekolah/kampus dengan muka sembab, mana ada cowo ngelirik kan? Kamu harus mulai mikirin hidup kamu ke depan. Bisa dimulai dengan potong rambut, biar muka kamu keliatan lebih fresh. Atau kamu ngubah gaya berpakaian kamu, jangan takut bereksperimen dalam berbusana, yang penting kamu pede, tapi asal ga over juga yaaa. Nah, kalo kamu udah keliatan fresh, good looking, bukan ga mungkin kan, banyak cowo yang tertarik sama kamu?

Tips kelima, cari kegiatan yang bermanfaat. Bisa dengan menekuni hobi kamu semisal masak, membaca, nulis, ngelukis, berkebun, les musik, bikin kerajinan tangan, dll. Kalo kamu sibuk, ini bisa mengalihkan perhatian kamu ke mantan pacar. Tips keenam, perluas pergaulan kamu, bisa dengan ikut organisasi di sekolah atau kampus seperti paskibra, pecinta alam, pramuka, angklung, unit kesenian sunda, jawa, minang, dll. Atau kamu bisa juga memanfaatkan dunia maya seperti facebook untuk mencari temen baru, ga ada salahnya kan? Dijamin kamu pasti seneng ketemu temen-temen baru, dan bisa aja salah satu dari temen baru kamu itu kelak jadi pacar baru kamu, who knows kan? hehe..

Itu sih tips dari aku, ada temen-temen yang mau nambahin?

21 comments:

t.e.3.k.4 on Senin, November 23, 2009 9:46:00 AM mengatakan...

des², ntar jangan lupa ngeracik obat patah hati yah..
biar ilmu apotekernya di terapkan hihi...


**setuju tika ma tips2 desi d atas..

Unknown on Senin, November 23, 2009 10:10:00 AM mengatakan...

wah, tips yg oke. tapi patah hatiku dah lewat nih. hehhee

mocca_chi on Senin, November 23, 2009 10:23:00 AM mengatakan...

katanya tips ketiga manjur,cuman rasanya... ga semudah itudah wkwkwk

desieria on Senin, November 23, 2009 10:44:00 AM mengatakan...

@ mba tika: iya ya, tar deh mba, aku bikin judul tesis: Obat sintesis untuk mengobati patah hati hehe...

@ mba fanny: syukur kalo udah lewat mah mba :D

@ mocca_chi: iya sih apalagi wanita, harus nunggu ditembak, walopun katanya emansipasi, aku mah oga PDKT duluan hehe

Unknown on Senin, November 23, 2009 11:49:00 AM mengatakan...

Mbak, kalo boleh jujur, aku ini entah sekarang lagi disebut patah hati atau bukan, tapi sampe sekarang aku masih sedih banget ditinggal pacarku.
Tips 1 : aku sudah lakuin, tapi sayang mau buangnya, walaupun ga pernah liat lagi..takut ke inget terus
Tips 2 : Udah ga pernah kesono, mikirin sih pernah, tapi takut terkenang masa lalu, soalnya belum bisa nglupain
Tips 3 : aku udah punya cowo baru, tapi masih aja keinget sama dia, walaupun aku pura-pura bersikap biasa sama dia, kalo tiba-tiba dia muncul aku kaya kena badai aja. Karena itu, aku sekarang jadi ngerasa bersalah sama cowoku sekarang
Tips 4 : Harus itu mah...saya agak narsis soalnya he..he
Tips 5 : udah mbak..aku coba lupain
tapi sampe sekarang kalo inget masih suka nangis ngiris bawang, buat puisi cengeng, nulis surat yang akhirnya tak terkirim..

Elsa on Senin, November 23, 2009 5:10:00 PM mengatakan...

thanks alot tipsnya Des, tapi kok tetep susah ya??
hehehheheee

Tiananda on Selasa, November 24, 2009 4:41:00 AM mengatakan...

@ desieria: wehehe tipsnya betul, & untuk melakukannya pasti emang sulit :D
Terutama yang nyari kesibukan baru. Soalnya kalo cuma "niat ngelupain", artinya kan kita malah terus menerus mikir "ayo lupain!" dan itu justru bikin gak lupa2, hehe. Jadi emang harus cari "pengalih perhatian" berbentuk kesibukan.

@ itik bali: wah semangat mbak! kayaknya dalem banget ya ke si mantan. Disyukuri aja yg skrg dimiliki & doa supaya diberikan yg terbaik ^^

zee on Selasa, November 24, 2009 2:49:00 PM mengatakan...

Hhahahaaa...
Tips nya jitu sekali. Memang harus begitu, terutama ya itu tadi, cari cowok baru, biar ada orang lain yang bisa mengisi hati kita.. :)

BrenciA KerenS on Selasa, November 24, 2009 2:55:00 PM mengatakan...

saya putus cinta sering.. jatuh cinta juga sama seringnya...

kalo sekarang jatuh cinta lagi, malah bahaya, bisa perang dunia ke3. hehehehe

lina on Selasa, November 24, 2009 3:56:00 PM mengatakan...

satu lagi ya des, ikhlasin aja. yakin kalo dia bukan yang terbaik buat kita. ya kannnn des ???

:))

None on Selasa, November 24, 2009 8:00:00 PM mengatakan...

waduhhhhhhh.... klo sakit atinya karena ngga punya cowok gmn mba, apa obatnya , mantan aja ngga punya apa yang mau dibuang wekekekekke,

ntar dech klo aku dah putus dari cowokQ , aku ikutin sarannya , kyknya dah pengalaman banget ni mba Desi :D

desieria on Selasa, November 24, 2009 8:03:00 PM mengatakan...

@ itik bali a.k.a ayu: wah kayanya perasaan kamu dalem banget ya say. Coba bikin banyak momen seru sama cowomu sekarang, lama2 mudah2an lupa :D

@ mba elsa: wah kalo udah susah mah tinggal berdoa dan tawakal mba hehe :D

@ tealovecoffee: iya kalo sibuk emang bisa lupa, kecuali kalo sendirian di kamar jadi inget lagi deh hehe..

@ lina: iya bener banget, tengkyu udah nambahin..

@ mba zee: bener mba, pengalaman pribadi juga mengatakan demikian :D

@ BrenciA KerenS: hehe, iya atuh mba kan sudah bersuami, jadi udah selamat, ga akan lagi2 patah hati seumur hidup amiiin...

Ninneta - MissPlum on Selasa, November 24, 2009 9:49:00 PM mengatakan...

hai hai hai... aku dah link blog kamu juga ya sayang....

aku mau dong formulasi obat putus cinta.... hehehe... kalo bisa yg bikin kebal seumur hidup....

hehehehe....

makasih yah dah main ke blog aku....

Clara Canceriana on Rabu, November 25, 2009 5:41:00 AM mengatakan...

putus cinta sama patah hati beda nggak sih mbak?
tips ke3 nya sih oke, tapi aku sampe sekarang belum nemu-nemu nih, tips ke 5 dan 6 juga udah dilakuin, tapi tetep aja yg ke 3 belum terwujud juga, jiahahhahahaha...
kalo nambah tips: ikutan biro jodoh gimana? Xp

btw, salam kenal ya dan thx udah di follow
aku udah follow balik ya ^^
sekalian aku link

vie_three on Rabu, November 25, 2009 8:55:00 AM mengatakan...

kok ya pas kesini kebetulan banget aq emang kejadian hatiku patah..... jadi masih 4 hari niy aq ngerasain sekarang masih dalam tahap penangisan dulu..... wkwkwkwkwkwk

lilliperry on Kamis, November 26, 2009 10:12:00 PM mengatakan...

tips buat cewek sama buat cowok beda ya.. hihihi

desieria on Jumat, November 27, 2009 9:56:00 AM mengatakan...

@ inuel ^-^ : obatnya berarti harus nyari pacar dari sekarang atuh hehe

@ mba ninneta: hehe, tar aku bikinin antibiotik anti patah hati deh mba :D

@ vie_three: sabar yaaa say, semoga cepet pulih dan cepet nemu cowo baru :D

@ clara: hehe, kamu, semacam take me out/take him out gitu? boleh boleh...

@ lilliperry: abis kalo cowo sih biasanya malah patah hati ga keliatan sedih, malah jadi sebel liatnya heuheu

Ria on Kamis, Desember 03, 2009 3:40:00 PM mengatakan...

hehehehehe...putus cinta memang gak enak walaupun kalau disuruh pilih dengan sakit gigi gak mau milih dua2nya...

life must go on and time will heal everything ;)

Anonim mengatakan...

kak, cuhat =#
aku diputusin sama pacar aku februari lalu.
sampe skrg aku masih ngerasain sesak di dada tiap kali inget dia. dan itu trjd tiap hari sampe skrg. gmn ya kak cara ngilangin rasa sakit di dada/hti aku ini? sdgkn aku uda brjanji ke diri dr ga mau pny pacar lagi. krn cm bs myakitkan!!!
solusi ka tlg:(

mejimaru on Rabu, Januari 04, 2012 11:46:00 AM mengatakan...

Baru aja diputusin... dia kira gw selingkuh ma mantan...kan g logis...
sedih banget...

Chiechy C'Whitewish Cutez on Jumat, Oktober 19, 2012 9:51:00 AM mengatakan...

I Like your tips...

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.