07 Maret, 2010

Mahasiswa dan Demonstrasi




Politik itu kejam boy. Hari ini dia jadi kawan, besok atau bahkan dalam beberapa jam dia bisa jadi lawan! Itulah politik: keras, jahat, dan siap memakan korban.

Lah, apa sih tiba-tiba kok aku sok-sok ngomongin politik? Sumpah, aku bener-bener bingung sama politik, sama keadaan para pemimpin kita dan ulah para mahasiswa. Tentu semua tau dong sekarang sedang marak banget kasus Bank Century yang menyeret nama wapres kita Boediono dan Menteri Keuangan Sri Mulyani, dari mulai kerja pansus century selama 2 bulan, ribut dan kisruh sidang paripurna DPR diiringi demo mahasiwa. Aku beberapa kali berusaha nonton berita mengenai kasus ini, dan berkali-kali pula aku dibuat bingung. 

Bingung karena masalah kasus Century, makin bingung sama ulah para mahasiswa yang menuntut mundur Boediono dan Sri Mulyani. Emang bener ya mereka berdua itu bersalah? Emang kalo mereka berdua dicopot, udah pasti ekonomi Indonesia bakal lebih baik? Padahal yang aku tau, Sri Mulyani itu malah Menteri keuangan terbaik di Asia. 


Malah yang lebih parah beberapa waktu lalu sempat tersiar berita mengenai keinginan buat melengserkan SBY, presiden kita tercinta. Apa toh maunya mereka? Sampe bikin rusuh dan merusak berbagai fasilitas umum. Apa harus menyuarakan yang katanya 'suara rakyat' itu dengan berdemo dan melakukan perusakan? Apa seperti itu kelakuan mahasiswa yang bener?


Aku bukannya mau ngebela SBY, Boediono, maupun Sri Mulyani. Lah, ngerti aja enggak sama permasalahannya. Cuma ya bo, buat para mahasiswa, kalo ga setuju sama kebijakan pemerintah itu ya disikapi dengan bijak. Kalo mau demo, ya demo yang sehat. Jangan sampe anarkis dan merusak berbagai fasilitas umum bahkan sampe bentrok dengan polisi. Berapa coba uang yang terbuang sia-sia untuk memperbaiki kerusakan yang mereka timbulkan? Lebih baik uangnya buat ngebantu rakyat kan?

Aku juga mahasiswa, hampir 6 tahun jadi mahasiswa aku ga pernah ikut demo, berhubung sejak mau masuk kuliah diwanti-wanti sama orang tua: "Belajar yang rajin, ga usah lah itu ikut demo". Sejatinya, memang itulah kan tugas mahasiswa, belajar yang rajin, dapet IP bagus dan lulus dengan tepat waktu sesuai dengan pesan dan harapan orang tua.

Mungkin beberapa orang mikir sikap aku ini apatis. Ga peduli dengan permasalahan rakyat karena hidupnya enak, bisa makan tiap hari, bisa kuliah dan ga pernah ngalamin seperti rakyat kecil yang kelaparan, kurang gizi, sakit-sakitan dan ga dapet pendidikan. 

Terserahlah apa kata mereka, aku sih lebih memilih menunjukkan karya yang mungkin bisa membantu masyarakat, misalnya dengan produksi obat generik untuk masyarakat tak mampu, ketimbang ikut demo dan ngerusak fasilitas umum. Hehehe, mudah2an aja sih bisa terwujud. Amiiiin ^_^


Jadi, mari teman-teman kita rame-rame membuktikan prestasi yang bisa bermanfaat buat masyarakat ^_^

32 comments:

Riesta Emy Susanti on Minggu, Maret 07, 2010 2:27:00 PM mengatakan...

Hidup bu Sri Mulyani....
hehehehhe,,,maklum,,,aku kan juga di keuangan juga...hehehhe

Dimas on Minggu, Maret 07, 2010 2:31:00 PM mengatakan...

wah setuju deh...
lagian ngapain cape2 demo, teriak2 ga jelas, emangnya yg bersangkutan bisa denger, paling cuma dianggap angin lalu..
salam kenal ya..

Dimas on Minggu, Maret 07, 2010 2:40:00 PM mengatakan...

o iya blognya sudah saya follow, klo berkenan follow balik ya...
tukeran link ya, linknya sudah saya pasang tapi masih nofollow, klo berkenan konfirm ya biar bisa diganti jadi dofollow..
silahkan cek pada huruf J...

cyber dreamer on Minggu, Maret 07, 2010 3:31:00 PM mengatakan...

setujuuuu...

kalo mau demo ya mbok ndak pake merusak...
apa ndak tau ya, kalo yg dirusak itu dibeli/dibangun pake uang rakyat...
atau mungkin mereka tau, cuman pikirannya g nyampe unk tau bahwa itu tindakan bodoh...

yah.. pokok jgn ikut2 lah.. betul tidak??

Clara on Minggu, Maret 07, 2010 9:03:00 PM mengatakan...

setuju. aku juga ga ngerti tapi paling ga taulah kalo jalan demo yg diambil mahasiswa lebih baik disikapi dengan sikap kepala dingin

merry go round on Minggu, Maret 07, 2010 10:10:00 PM mengatakan...

Malu ya Des, ngeliat mahasiswa anarkis dan gampang banget terprovokasi kaya gitu. Apa semua ngga bisa diomongin baik-baik, tanpa harus lempar-lemparan batu. Mahasiswa dan polisi sama-sama gampang tersulut emosi gitu.

minomino on Minggu, Maret 07, 2010 10:18:00 PM mengatakan...

hoho...saya juga nampak apatis... :p
yah...wish them luck ajah deh...
*lagi ga mau mikirin politik
hehe

desieria on Minggu, Maret 07, 2010 10:29:00 PM mengatakan...

@ riesta: eh kapan2 aku nanya2 kamu aja deh ta soal century, pasti kamu lebih ngerti hihi

@ dimas: betul betul. Demo itu biasanya cuma heboh aja beritanya, kadang malah apa yang dituntut ga pernah tercapai. Oke, nanti linknya dipasang, makasih yaaa.

@ cyber dreamer: iya, sayang uang rakyat terbuang sia-sia buat memperbaiki fasilitas yang dirusak, doooh

desieria on Minggu, Maret 07, 2010 10:31:00 PM mengatakan...

@ clara: betul clara, kepala dingin dan ga perlu rusuh.

@ mba rossa: iya mba, aku sebagai mahasiswa, malu ngeliatnya. Duh!

@ minomino: hehe, kalo gitu kita sama say. Toos dulu ah :D politik memang membingungkan.

Riesta Emy Susanti on Senin, Maret 08, 2010 5:00:00 AM mengatakan...

Buseet...mw nanya apa ttg century??ak aja gak pernah liat berita...hehehe..
Kepalaku pusing bwt mikir gtuan..mikir kerjaan aja uda stress...hehehe

aryadevi on Senin, Maret 08, 2010 6:53:00 AM mengatakan...

iya bu bicara soal politik, bukan ranah yang jelas bagi orang orang yang jelas, seperti kita nie lebih baik berkarya lewat profesi masing masing, dahulu idealis stlah masuk dan menduduki satu posisi, waah segala cara dihalalkan...dengan alasan..ATAS NAMA POLITIK, ..mending nonton acara flora dan fauna daripada nonton pejabatpejabat bermuka rata tu....

desieria on Senin, Maret 08, 2010 8:04:00 AM mengatakan...

@ riesta: tadinya aku pikir kamu kan orang keuangan, mungkin lebih tau kasus itu hehe, abis bingung sebenernya permasalahnnya gimana dan siapa yg salah :D

@ aryadevi: iya bener, biasanya pas baru lulus masih idealis, mudah2an kita ga seperti itu ya. haha, mending nonton infotainment dibanding nonton DPR :)

ola on Senin, Maret 08, 2010 8:53:00 AM mengatakan...

bener banget tuh mbak
setuju deh aku

kadang si tukang demo itu cuman melihat masalah dari sisi mereka sendiri
padahal belum tentu juga si tukang demo itu ngerti politik

Ria Nugroho on Senin, Maret 08, 2010 9:45:00 AM mengatakan...

aku setujuuu
lagipula kalo ganti presiden lagi pasti biaya lagi buat pemilu sayanggg dananya

**ada award buat kamu dan ikutan yukz Berbagi kasih melalui T-shirt :)**

http://riaadria.blogspot.com/2010/03/berbagi-kasih-melalui-t-shirt.html

desieria on Senin, Maret 08, 2010 9:54:00 AM mengatakan...

@ ola: betuuul ola, katanya malah demo itu gosipnya dibayar, heuheu, ngeri ya.

@ ria nugroho: iya betul pemilu itu dananya gede banget, mendingan buat ngebantu rakyat miskin uangnya ^_^

Elsa on Senin, Maret 08, 2010 10:03:00 AM mengatakan...

aku sih sudah bosen memantau perkembangan perpolitikan di negeri kita tercinta ini.
esndingnya gak ada yang happy. selalu saja Rakyat tidak pernah marasakan keuntungan apapun.

maleeesss

fitrian.net on Senin, Maret 08, 2010 10:33:00 AM mengatakan...

kalau soal politik aku nyerah deh. Des aku add FB nya ya

ieyaz on Senin, Maret 08, 2010 11:03:00 AM mengatakan...

hahhh...aku juga g ngerti mbak sama politik...
mungkin benar apa yang dibilang Soe Hok Gie.. kalo politik itu lumpur..dan lumpur itu kotor...

sama..aku juga g setuju sama mahasiswa yang pada demo itu.. habis pelajar demonya sampe bertindak anarkis gitu..

AzHis on Senin, Maret 08, 2010 11:29:00 AM mengatakan...

muNgkin sUdah boSan deNgan caRA yaNG biJaK, maKax kUDu diHAdapi deNgan demOnstRAsi...

dIPLomasi JUga kaYAkx bLum eFektif unTuk meNYeLasaikan sUAtu peRsoalan di baNGsa ini....

desieria on Senin, Maret 08, 2010 4:07:00 PM mengatakan...

@ mba elsa: aku jg males mba sebenernya, tapi suka penasaran jadi coba2 ngikutin malah makin pusing hehe

@ mba lidya: hehe, membingungkan ya mba. FB aku ketemu ga mba?

@ ieyaz: wah aku baru tau perumpamaan yg kamu bilang ieyaz.

@ azhis: tapi kalopun diplomasi ga jalan ga harus demo anarkis kan?

anyin on Selasa, Maret 09, 2010 8:07:00 PM mengatakan...

padahal saya suka bangettt sri mulyani

Irwan Siska on Rabu, Maret 10, 2010 9:46:00 PM mengatakan...

itu Lah Indonesia..
Negara DEMOKRASI

Lia_Lovaa on Kamis, Maret 11, 2010 10:54:00 PM mengatakan...

Bukannya tidak mau peduli dengan keadaan negara Indonesia sekarang, tapi pusing plus mumet liatnya, setiap hari yang jadi headline berita di tv pasti century, demo, teroris dll..kapan ya negara kita tercinta ini bisa damai, adil dan makmur..

putri ayuningtyas on Jumat, Maret 12, 2010 7:34:00 AM mengatakan...

aku juga nonton disini. sekali lagi hanya bisa ngelus-ngelus dada ngeliatnya.

''memang politik itu kejam. pejabat/yang kerja di pemerintahan yang ngga searus biasanya di teror Bom'' (sumber: temen ku yg papa nya krja di pemerintahan jg dan temen ku yang prnh di culik dan papa nya sampai di fitnah dan akhirnya berurusan dgn polisi)

pikiran kita sama mba desi. ucapan yang aku omongin ke temen ku persis banget sama pendapat mba desi soal demo yang anarkis.ngga abis pikir. mereka mahasiswa ya? klo emang mereka mahasiswa, mahasiswa yang bependidikan masa bertingkah sperti itu. aku menyaksikannya jadi keinget sama tontonan kesukaannya papa ku ''ANIMAL PLANET''.


aku juga banyak tanya soal indo akhir2 ini. dari pembelian mobil untuk para pejabat yang seharga 1,3 milyar permobil!

mba desi tau ngga?

untuk apa sih tujuannya?

klo emang buat di pake doang, tu pejabat gajinya udah tinggi dan bisa beli mobil sendiri. duitnya kan bisa dipake untuk yang lebih penting, bayar utang misalnya.

aku di kasih tw sama temen ku.SBY disuruh lengser krn ada mereka yg berkerja di pemerintahan yang ingin SBY lengser. dan di balik ini semua, ada nama orang yg mau di sebutkan sama temen ku. tpi ngga jadi, krn dia takut aku pendukungnya.

tp ntar mau kutanya lagi.

makin kedepan soal berita pemerintahan indo, selalu saja ada tanya di benak ku. jadi selalu tanya tanya tanya. tp belum semuanya clear.. :(

readhermind-dy on Jumat, Maret 12, 2010 8:34:00 AM mengatakan...

aku jg ga suka sm demo-demo itu
:(

ninneta on Jumat, Maret 12, 2010 11:54:00 AM mengatakan...

Hai...

apa kabar sahabatku... Semoga hari mu menyenangkan...

Aku ada award untukmu.... silahkan diambil...

disini nih : http://moody-ninneta.blogspot.com/2010/03/aku-mengasihimu.html

sebarkanlah sebanyak yang kaau mau sahabat.....


aku mengasihimu....


Ninneta

anna fardiana on Minggu, Maret 14, 2010 6:36:00 PM mengatakan...

hihihi...desi...
padahal aku juga lagi nulis ttg demo2 gak jelas itu..

tapi belom selesai nulisnya..hehe..
kebetulan aku dari makasar, tempat demo mahasiswa yang selalu berakhir ricuh..aku ceritain nanti, gimana sikap masyarakat makasar terhadap demo2 anarkis itu..

hehe..ditunggu ya

anyway, aku setuju ama pemikiran desi, emang kalo udah demo, terus menyelesaikan masalah? emang kalo sri mulyani diboikot, diturunkan, masalah jadi selesai?

Itik Bali on Senin, Maret 15, 2010 6:09:00 PM mengatakan...

Aku ngga suka demo-demo begitu mba
menghabiskan energi
Kalo Demo masak barulah aku suka
apalagi Gratisan
No 1 deh

bungarawabelong.com on Selasa, Maret 16, 2010 12:14:00 AM mengatakan...

Bunga senang berdemo tentang keindahan bunga-bunga potong segar dan rangkaian bunga.
Ayo dong main2 ke negeri bunga untuk mendapatkan keindahan bunga di sana.

inge / cyber dreamer on Rabu, Maret 17, 2010 7:56:00 PM mengatakan...

theme km jadi theme fav ku
semoga berkenan ^^

Elsa on Sabtu, Maret 20, 2010 6:09:00 PM mengatakan...

Miss you too Desi Cantik....

:D

Elsa on Sabtu, Maret 20, 2010 6:09:00 PM mengatakan...

Miss you too Desi Cantik....

:D

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.