31 Mei, 2009

Pengertian Dewasa


Apa sih dewasa itu? dari sudut pandang mana seseorang bisa dianggap dewasa? dari usia? dari tingkat pendidikan?

Hmm, mungkin banyak pendapat ya tentang dari hal apa kita bisa menilai seseorang dewasa. Dan penilaian kita pada satu orang belum tentu juga loh berlaku pada orang lain.

Ada yang bilang kalo kedewasaan bisa diukur dari usia seseorang. Bahwa kalo semakin tua usia seseorang berarti dia jelas lebih dewasa dibanding orang yang usianya lebih muda. Ini ga selalu berlaku loh. Mungkin kalo ukurannya anak dan orang tua, jelas pasti orang tua lebih dewasa. Tapi terkadang dalam hal tertentu, orang yang jauh lebih muda bisa punya kedewasaan lebih besar.

Contohnya nih, sering banget kejadian antara pria dan wanita. Sering banget kejadian ada pasangan yang wanita berumur lebih tua dari prianya. Sang wanita lantas mengungkapkan alasan kenapa memilih pria lebih muda tersebut salah satunya karena: "walaupun lebih muda, tapi pemikiran dia dewasa loh." Hal ini misalnya terjadi pada Yuni Shara yang katanya digosipin sama Raffi Ahmad (halah ngegosip deh).

Ada yang bilang kalo dewasa dinilai dari tingkat pendidikan. Semakin tinggi pendidikan seseorang, semakin dewasa-lah dia. Semakin panjang gelar namanya, semakin dewasa dia.


Siapa bilang? Ini aku alamin sendiri loh anomali teori ini. Ada temen kenalan aku lulusan S2 UGM yang orangnya temperamen banget. Karena hal kecil aja bisa ngambek, marah2, kalo keinginannya ga diturutin marah2 huaa ga dewasa banget kan? Kaya kelakuan anak kecil ga dikasih permen kesukaan. Salah satu yang aku inget ketidakdewasaan dia, gara-gara aku telat bales sms dia, dia sampe bilang gini:
"OK, mulai sekarang kita ga usah temenan lagi, lagian kamu tuh cuma lulusan S1, ga level sama aku lulusan S2"
Helooo, masa milih-milih temen harus diliat tingkat pendidikannya sih. Ga dewasa banget kan orang ini?

Yang lebih bisa diterima, mungkin dewasa bisa dilihat dari tingkat emosional seseorang. Orang yang dewasa, cenderung tidak emosional, tidak meluap-luap. Karena orang yang dewasa selalu berpikir panjang sebelum bertindak melakukan sesuatu. Sementara orang yang emosional seallu berpikir pendek, mengikuti kata hati dan emosi seketika dalam melakukan hal-hal yang bahkan mungkin diluar logika. Ini nih yang jelas sekali dinamakan GA DEWASA.

Yah, emang ga ada ukuran pasti gimana menilai seseorang dewasa. Yang jelas mungkin, pada dasarnya seseorang dengan semakin berjalannya waktu akan berkembang menjadi lebih dewasa. Namun ini tergantung dari bagaimana orang tersebut bisa mengambil pelajaran/hikmah dari kejadian di masa lalu.

Karena orang yang dewasa adalah orang yang bisa mengambil hikmah dari kejadian masa lalu dan memperbaiki kesalahan yang diperbuat di masa lampau.

0 comments:

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.