10 November, 2009

Kenali dan Asahlah Bakat Kalian



Setiap orang punya bakat. Ada yang punya punya suara bagus dan berbakat jadi penyanyi, ada yang bakat melukis sehingga bisa jadi pelukis terkenal, bakat menulis hingga bisa menerbitkan novel, bakat menari, atau mungkin balet. Ada juga yang berbakat memainkan alat musik tertentu, seperti piano, celo, biola, dan lain-lain. Cuma masalahnya, ada orang yang mengasah bakatnya tersebut, ada juga yang ga terlalu menganggap bakat yang dia punya, atau orang biasa sebut bakat terpendam gara-gara si orang tersebut ga pernah nunjukin bakatnya tersebut ke khalayak.

Atau ada pula yang lebih parah, orang yang ga menyadari apa bakat yang dia punya. Termasuk aku sendiri, sampai sekarang, aku ga pernah tau apa bakat yang aku punyai. Pernah dulu aku les piano, hasilnya nol, aku malah stres dan pusing kalo lagi les. Aku ternyata ga berbakat. Aku pusing dengan not-not balok yang njelimet. Dan lebih parah aku buta nada hehe.

Bakat melukis? Hmm, jangan tanya. Dulu waktu sekolah aku selalu minta tolong mamaku kalo disuruh gambar. Ampuuun deh kalo disuruh beginian, kalo cuma disuruh gambar pemandanagan sih ok-ok aja ya, tapi kalo udah disuruh gambar manusia. Duuuh, nyerah deh. Makanya aku paling benci acara gambar menggambar kalo psikotes. Nyerah deh.

Apa jangan-jangan aku bakat nulis? Hehe, ga mungkin juga sih. Soalnya aku sering mentok kalo lagi bikin karangan. Sering sih banyak ide-ide muncul buat bikin cerita pendek atau tulisan lain, tapi pas mulai nulis, sering banget hinggap rasa males dan idenya buntu. Dulu pernah belajar bikin beberapa cerpen. Hasilnya? Ga ada yang selesai hehe.

Atau aku punya bakat nari yaa? Soalnya dulu sih waktu kecil aku belajar tari-tari daerah, dan biasa tampil kalo acara kenaikan kelas atau pun acara-acara besar nasional. Tapi ini juga ga bisa dibilang bakat, soalnya aku ga mendalami, dan sepertinya gerakan tari-ku biasa aja, ga mulus lemah gemulai layaknya penari profesional.

Kenapa sih tiba-tiba jadi pengen cerita masalah bakat? Soalnya tadi pas kuliah ada cerita menarik dari dosen aku. Ga tau yaa kalo mungkin temen-temen udah pernah denger cerita ini. Ceritanya tentang anak elang diantara keluarga ayam. Begini ceritanya:

Ada induk ayam yang baru bertelur. Suatu hari dia menemukan telur lain yang ternyata telur elang. Dia erami semua telur sampai semua menetas. Si anak elang ini, karena setiap hari tinggal bersama keluarga ayam, dia mengikuti semua gaya hidup ayam. Suatu hari dia melihat ada elang dewasa terbang dengan gagahnya. Dia bertanya pada induk ayam

anak elang: itu apa yaa bu?
induk ayam: ooh, itu elang nak. Raja dari segala jenis burung.
anak ayam: keren yaa bu, kalo kita bisa terbang kaya gitu.
induk ayam: jangan mimpi nak, kita cuma ayam, ga mungkin bisa terbang seperti itu.

Jadilah si anak elang ini sampe dewasa pun ga pernah bisa terbang. Dia hanya mengikuti gaya hidup ayam sampe dewasa dan ga pernah mengasah kemampuannya yang sebenernya bisa terbang.


Moral cerita ini yaitu, apapun bakat yang kita punya, kita harus mengasahnya. Karena kalo ga diasah, bakat yang kita punya, yang udah dianugerahkan oleh Allah SWT pada masing-masing orang bisa lenyap begitu saja. Padahal mungkin bakat yang kita punya bisa bermanfaat bahkan bisa 'menghasilkan'.

Aku pribadi ngerasa tertampar denger cerita ini tadi. Hmm, mungkin gara-gara aku ga pernah mengasah bakat yang aku punya dari kecil, ya sampe sekarang aku ga tau bakat apa yang aku punya. Mungkin harus mulai dipikirin nih, aku punya bakat apa sebenernya, walopun mungkin terlambat, daripada tidak sama sekali kan? Mudah-mudahan, temen2 blogger tau bakat masing-masing, dan ga ada yang seperti aku hehe.

Gambar diambil di sini

21 comments:

Elsa on Selasa, November 10, 2009 6:17:00 PM mengatakan...

sama. aku juga gak berhasil menemukan bakatku apa. hahahaha kasihan ya kita?

desieria on Selasa, November 10, 2009 6:40:00 PM mengatakan...

@ mba elsa: iyaaa mba, kasian banget kita.
Tapi setidaknya ada temen deh yg ngalamin sama kaya aku hehe :D

Aulawi Ahmad on Selasa, November 10, 2009 8:43:00 PM mengatakan...

ikut komen ya...menurutku kamu punya bakat menulis tuh, liat aja cara penyampaiannya cukup menarik dan berbobot :)...btw salam kenal ya :)

desieria on Selasa, November 10, 2009 8:59:00 PM mengatakan...

@ Aulawi Ahmad: wahhh, makasih mas.
Aku jadi ge-er dibilangin gini hehe :D

just-fatamorgana on Selasa, November 10, 2009 9:55:00 PM mengatakan...

lho, ini bisa nulis. berarti bakat nulis dong. piye toh..

Sang Cerpenis bercerita on Selasa, November 10, 2009 10:00:00 PM mengatakan...

lho, bisa nulis begini berarti bakatmu ya nulis.

desieria on Selasa, November 10, 2009 10:48:00 PM mengatakan...

@ just-fatamorgana: hehe, tulisannya menurut aku biasa aja. Ga kaya yg lain tulisannya bagus+keren :D

@ mba fanny: ini sih kayanya bukan bakat mba, tapi hobi aja. Ga kaya mba fanny yg jago nulis sampe2 sering publish cerpen di majalah :D

Zee on Rabu, November 11, 2009 7:20:00 AM mengatakan...

Hmmm saya jadi mikir juga, kira2 bakat yg menonjol apa ya?
Kayaknya sih saya tahu bakat apa saja yg saya punya, tp masalahnya bakatnya itu sedikit sekali. Jd klo udah mentok, lgsg malas, pdhl spt kata orang, 99% adalah kerja kerask dan 1% nya bakat...

pala on Rabu, November 11, 2009 8:22:00 AM mengatakan...

kan sesuai dengan Firman Allah...Manusia gak akan merubah nasib jika bukan dirinya sendiri yang merubahnya...

neng...thanks udah di link...nanti aku link balik ya ;)

salam kenal..

Ria-nya Choosen

Lidya - Mama Pascal on Rabu, November 11, 2009 9:16:00 AM mengatakan...

kalo aku apa ya bakat nya? :-D hehehe malah nanya

ajeng on Rabu, November 11, 2009 10:30:00 AM mengatakan...

Kayaknya punya bakat bercerita dan menulis kok. Ayuk dikembangkan terus..minimal dengan menulis diBlog ini.

ratna wulandari on Rabu, November 11, 2009 10:41:00 AM mengatakan...

ia ni des...
kamu punya inisiatif menulis berati bakatmu ya disitu.

tulisannya bgus kok saii..

ciptain terus ya bakatnya..bakat g bakal dtg sendiri klo g diasah..

hehe..^_^

mocca_chi on Rabu, November 11, 2009 2:17:00 PM mengatakan...

kurasa ayam memnag diciptakan sayapnya hanya berfungsi seperti yg kita lihat sekarang, ga akan bsa terbang tinggi seperti elang heheee

desieria on Rabu, November 11, 2009 2:34:00 PM mengatakan...

@ mba zee: iya bener mba, bakat bakal ilang kalo ga ada usaha :D

@ ria: iya nih, harus mengenali dan secepatnya mengasah bakat.

@ mba lidya: bakat nulis kali mba, kan punya blog hehe

@ ajeng: mudah2an semangat ngeblognya tetep ada yaa..

@ nana: mudah2an bener deh aku ada bakat nulis...

desieria on Rabu, November 11, 2009 2:47:00 PM mengatakan...

@ mocca_chi: laaaah, kan yang dibahas anak elangnya, gimana toh mba?

rismahutabarat on Rabu, November 11, 2009 4:51:00 PM mengatakan...

mengasuh blog juga bakat loh ^^

semua orang bisa buat blog..
tapi tak semua bisa mengasuhnya..

jadi, salah satu bakatmu sudah terasah ni, Des **

desieria on Rabu, November 11, 2009 7:50:00 PM mengatakan...

@ mba risma: hehe, wah banyak yg bilang bikin blog ini berarti bakat yaa?
Baiklaaahhh harus diasah heuheu

tealovecoffee on Minggu, November 15, 2009 11:03:00 PM mengatakan...

kebetulan blogwalking, eeh terdampar di artikel ini. Bagus kok... Bener tuh kata org2, kayaknya mbak desieria ini bakat nulis :)
Bakat kan gak selalu yg "keliatan nyeni"
Bisa aja bakat mbak = dlm menjalin networking, bersosialisasi, de el el... ^^

desieria on Senin, November 16, 2009 8:16:00 AM mengatakan...

@ tealovecoffee: hehe, makasih yaaa...

aifasuitcase on Senin, November 16, 2009 9:20:00 PM mengatakan...

^^sy jd inget pas jaman sma ikut les gambar terus pembimbingnya bilang klo gambarnya jelek keriting dll..(duhh sedih sempet berkaca2 waktu itu)tapi setelah ikut tes masuk, Alhamdulillah taunya malah diterima d fsrd.. Padahal ada beberapa temen les yg jago bgt gambar tp g keterima d sr. Awalnya sy cuma dari hobi corat coret biasa..

Sy juga setuju dari hobi nulis2 artikel bs jd bakat yg terasah^^ ayoo semangat buat nulisss!

desieria on Senin, November 16, 2009 9:43:00 PM mengatakan...

@ aifasuitcase: hehe, mudah2an bener deh kalo nulis ini salah satu bakat aku.
Selamat buat kamu yg dari hobi coret2 malah jadi masa depan kamu :D

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.