12 November, 2009

Long Distance Relationship


Image Hosted by ImageShack.us
Huff, this Long Distance Relationship is killing me softly. Ini pertama kalinya buat aku ngejalanin LDR, dan rasanya sungguh berat. Emang siiih, jarak Bandung-Jakarta ga gitu jauh, mestinya masih bisa ketemu paling tidak seminggu sekali. Tapiii, namanya orang kerja kan beda sama orang kuliah, sibukkk terus, sampe kadang sabtu/minggu pun kadang mesti lembur. Jadinya ketemu ga bisa sesering saat dulu masih sama-sama di Bandung.

Mungkin aku terlalu berlebihan sih, di bandingin sama temen-temen yang ngejalanin LDR dengan jarak lebih jauh dari aku, ada yang bandung-balikpapan, bandung-yogyakarta, bandung-aceh, bahkan ada temen kuliah yg LDR bandung-qatar, woow. Tooh, mereka keliatannya baik-baik aja. Emang aja dasarnya aku manja, pengennya selalu ditemenin, jadinya pas jauhan lumayan kerasa berat. Sampe-sampe waktu aa ke bandung dan pamit pulang, aku pagi2 di hari minggu itu nangis bombay. Hehe, cengeng abis.

Ngomong-ngomong soal LDR, 2 hari lalu, saat mata kuliah Kimia Fisik, dosen aku tiba-tiba menghubungkan materi yang lagi dijelasin sama LDR dan bikin aku miris banget. Ok, semua temen2 blogger pernah denger Hukum Coulomb ga? Dulu waktu kita kelas 1 SMA pernah belajar loooh. Hehe...Hayoooo ngaku, udah pada lupa? Berapa taun yaaa ga pernah nyentuh fisika?
Jadi hukum coulomb bunyinya gini:

Apabila terdapat dua buah titik muatan maka akan timbul gaya di antara keduanya, yang besarnya sebanding dengan perkalian nilai kedua muatan dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antar keduanya

atau dirumuskan begini: Image Hosted by ImageShack.us


Kemudian dosen aku nyeletuk:

Makanya hati-hati tuh yang ngejalanin LDR, semakin jauh jarak memisahkan, semakin kecil gaya (cinta) yang ada di hati masing-masing. Siapa tau disana dia macem-macem atau di sini kamu yang macem2.

Huaaaa, aku langsung panik. Iya sih, ngejalanin LDR emang penuh resiko. Bakalan banyak godaannya. Banyak mereka yang ngejalanin LDR ga kuat dan akhirnya putus. Tapi banyak juga ko yang langgeng sampe akhirnya merit. Mudah2an siih hubungan aku masuk kategori yang kedua. Amiiin. Yaah, semua tergantung dari bagaimana pasangan tersebut ngerawat cinta mereka, sehingga walaupun jarak memisahkan ga akan sampe membuat cinta yang ada malahan terkikis. Kalo menurut aku pribadi siiih, ada beberapa hal yang penting buat mereka yang ngejalanin LDR:

  1. Kepercayaan. Ini mutlak banget diperlukan, percaya pada pasangan, bahwa di sana dia ga akan ngelakuin hal macem-macem, dia kuliah/kerja itu buat masa depan kalian. Jadi jangan pernah punya pikiran macem-macem kalo ternyata dia di sana sibuk sekali sampe-sampe jarang bisa ngunjungin kamu. Gitu juga kamu, dia udah naruh kepercayaan ma kamu, jadi kamu pun jangan macem-macem di sini.
  2. Komunikasi. Sekarang kaan zaman udah canggih yaaa. Komunikasi ga cuma bisa lewat sms/telpon, bisa juga manfaatin dunia maya, lewat fesbuk, ngobrol/webcam-an via ym. Komunikasi harus teratur dilakuin, kalo perlu bikin kesepakatan, berapa kali sehari komunikasi ini dilakuin, jangan sampai mengganggu kegiatan masing-masing, dan jangan sampai juga jarang dilakuin. Minimal siih sekali sehari wajib, biar masing-masing tau apa aja yang dilakuin pasangan hari itu. Urusan pulsa/tagihan internet membengkak? Itu mah resiko hehe
  3. Sabar dan saling pengertian. Kedua pasangan harus bisa sabar, sabar karena jadi jarang ketemu, sabar karena sekarang ga ada lagi yang nemenin belanja, nemenin makan malem, atau nganter jemput ke kampus, dll. Yakin deh, kalian pasti sama-sama ga mau kan LDR ini terjadi. Pasti LDR ini kepaksa dijalanin demi masa depan kalian juga. Kalo ada pasangan yang ekstra sibuk, walopun mungkin nge-bete-in, kamu harus ngerti dan jangan maksa-maksa buat ketemuan. Apalagi sampe curigaan. Bisa-bisa kalian berantem hebat. Yakin aja, semua pasti akan indah pada waktunya
  4. Terbuka. Kalo ada masalah yang berkaitan sama hubungan kalian sebaiknya diungkapkan, biar bisa dicari penyelesaiannya. Jangan sampai dipendam, bisa-bisa masalah kecil lama-lama jadi gede.

Itu siih beberapa yang ada dipikiran aku. Mungkin ada temen blogger yang mau nambahin?

23 comments:

Elsa on Kamis, November 12, 2009 5:13:00 PM mengatakan...

nambahin satu:
DOA!!!!! hahahahahahahaa....
doain aja, selalu dalam lindungan Allah, agar dia yang disana gak macem-macem dan kita yang disini juga gak macem-macem. hahahahaa

rismahutabarat on Kamis, November 12, 2009 7:57:00 PM mengatakan...

Katanya, LDR bisa jadi "ujian lunak" tentang ketahanan cinta juga, Des.. Tapi, kalau aku pribadi, OGAAAHHHH.. Aku bakal ikut kemanapun suamiku pergi. Meski ke Irian sekalipun.. ^^
Aku nggak cocok dengan yang namanya LDR, apalagi untuk yang sudah menikah. Sekalipun aku merasa salut dengan pasutri yang bisa hidup berjauhan karena pekerjaan dan hanya bertemu sekali sebulan, tapi rasanya itu bukan sesuatu hal yang membanggakan. Untukku, hidup berumah tangga adalah untuk bersama-sama. Karena itu dibutuhkan pengorbanan. Harus ada yang diikuti dan ada yang mengikuti. Tapi, kalau masih pacaran, pasti bedalah ya... ^^

Sang Cerpenis bercerita on Kamis, November 12, 2009 8:47:00 PM mengatakan...

semua hub baik ldr maupun tidak bisa rentan. tergantung orangnya juga. tergantung kekuatan cinta masing2. hanya pada ldr memang lebih rapuh. krn jarang ketemu, jarang ngobrol, dll.

btw, aku anak IPS nih, jadi gak inget lagi sama fisika kimia. cuma dpt sebentar soalnya. terus langsung penjurusan. hehehe

SeNjA on Kamis, November 12, 2009 10:31:00 PM mengatakan...

smg LDR nya tetep langgeng y, tips nya blh jg ^_^

Itik Bali on Jumat, November 13, 2009 3:05:00 AM mengatakan...

LDR yang paling menyiksa adalah perasaan kesepian, maksudnya sepi akan perhatian yang setiap saat bisa kita dapatkan kalo kita pacaran dalam jarak dekat.

Tapi LDR ada kalanya membawa kita ke arah positif, karena kita jadi lebih punya waktu untuk diri sendiri.

liza fathiariani on Jumat, November 13, 2009 9:13:00 AM mengatakan...

wah wah, yang lagi kangenan sama ehm2nya... setuju dengan mbak elsa, tambahin doa satu lagi, sebagai katalisator... salam kenal juga mbak desi

Lidya - Mama Pascal on Jumat, November 13, 2009 9:31:00 AM mengatakan...

kaya judul buku nih LDR :)

'IcHa' on Jumat, November 13, 2009 9:38:00 AM mengatakan...

wedew, been there done that say....:)
tapi kalo boleh milihhhh nih yeee,,ga mau lagi deh...hehehehe... belum beruntung aja kali ya. Tapi emang namanya pacaran, mau LDR mau SDR, ya ada yang putus ada yang langgeng, jadi ga usah mikir yg ngga2 yaaa...:)

Sari on Jumat, November 13, 2009 11:49:00 AM mengatakan...

Ga usah banyak2, yang penting konsisten ato tidak dalam menjalankannya hehehe
Tetap Semangat !!

desieria on Jumat, November 13, 2009 12:03:00 PM mengatakan...

@ mba elsa: tengkyu sarannya mba. Siap untuk dilaksanankan :)

@mba risma: iya mba, kalo udah nikah sih, aku ogah deh masi tetep LDR, gimanapun harus ikut suami :)

@mba fanny: gapapa mba, udah bukan zamannya lg ko, aku aja GA SUKA fisika haha

@senja: makasih yaa doanya

@itik bali a.k.a ayu: bener banget tuh, skrg aku jadi mandiri nih :)

@ Liza: iya, doa itu emang wajib banget, tengkyu ya say :)

@ mba Lidya: wah bukunya seru mba? Apa aku jg bikin cerita kisah LDR ku ya? Jiaaa, sapa yg manu nerbitin hehe

@'icha': waaah kamu pernah ngalamin yaa? Mudah2an aku ga ngalamin kaya kamu yaa..

desieria on Jumat, November 13, 2009 12:19:00 PM mengatakan...

@ sari: siiip, makasih yaa sari :)

denny on Jumat, November 13, 2009 1:36:00 PM mengatakan...

hehehe
dosennya bisa aja,,
bikin orang makin dag dig dug..

yg gak enak dari LDR adalah gak ketemu.
itu yg pasti :D

pala on Jumat, November 13, 2009 3:08:00 PM mengatakan...

walahhhh....
aku gak bisa kasih comment banyak deh masalah LDR karena setiap kali LDR pasti gagal...so...selamat berjuang neng...semoga langgeng ;)

aku ikutan doain kamu aja ya :D

love
Ria-Choosen


btw...ini untuk comment Name dan URL nya di munculin dunk...yg punya domain sendiri susah untuk comment :D

desieria on Jumat, November 13, 2009 7:04:00 PM mengatakan...

@ denny: hehe iya nih, sering banget kena penyakit malarindu :)

@ mba ria: hehe, makasih doanya mba.
Mudah2an lain kali kalo mba LDR bisa langgeng :)

Witha on Jumat, November 13, 2009 7:04:00 PM mengatakan...

Yang penting saling percaya n saling mendoakan..
Aq pernah LDR sama calon suami antara Bandung-Beirut selama satu tahun, pas ketemu rasanya spt mimpi. Setelah 2 minggu nikah, di tinggal lagi 1 bulan malah pernah sampe 3 bulan.... yang enak dari LDR....super kangennya itu loh... :D

ratna wulandari on Jumat, November 13, 2009 10:09:00 PM mengatakan...

ia bener kata mba elsa des...do'a itu yg paling mujarab diantara jampi2 yang lain, hehhe

moga bisa bertahan ya..

^_^

desieria on Jumat, November 13, 2009 10:37:00 PM mengatakan...

@ witha: wah mba jauh banget. Hebat bisa langgeng, harus belajar sama mba nih :) Kalo aku malah kesiksa sama kangennya, yg paling enak pas ketemu kangen-kangenannya hehe

@ nana: iya na, dilaksanakan usulnya. amiiiiin, makasih yaa nana.

namaku wendy on Sabtu, November 14, 2009 5:26:00 AM mengatakan...

don't panic gitu donk, yg penting ikhlas aja ngejalaninnya, masih seminggu sekali bisa ketemuan itu sih udah alahmdulillah to yo, emang banyak liku tapi nikmatin aja ^_^
wen dulu juga LDR 5thn semarang-bogor trus udah nikah juga masih harus dterusin hihihi alhamdulillah lancar terus tu

desieria on Sabtu, November 14, 2009 11:20:00 AM mengatakan...

@ mba Wendy: hehe, iya nih mba, harus ikhlas. Dan kayaknya aku harus banyak belajar sama mba. Keren tuh mba, bisa langgeng sampe nikah :)

tealovecoffee on Senin, November 16, 2009 11:59:00 AM mengatakan...

Hehe, aku juga nge-link blog-mu ya ^^
kebetulan sama, LDR juga. Tantangannya tu kalo lagi berantem ato malah bosen sama sekali. Tapi lama-lama biasa.. :D

desieria on Senin, November 16, 2009 7:06:00 PM mengatakan...

@ tealovecoffee: asyiik nemu temen yg senasib, kita bisa saling nyemangatin dan berbagi cerita nih say :D

Erma on Selasa, November 17, 2009 2:41:00 PM mengatakan...

Justru LDR bikin belajar jadi mandiri, bisa ngapa-ngapain sendiri. Ntarnya pas uda bareng, enak banget deh rasanya dianterin kemana-mana, hehehe.
Btw, aku juga dulu LDR Bandung-Jakarta :D

desieria on Selasa, November 17, 2009 5:00:00 PM mengatakan...

@ mba Erma: wah udah lulus LDR nih mba. AKu harus banyak belajar nih sama mba. Tapi masalah mandiri emang bener banget, skrg aku kemana2 sendirian dan ga manja :D

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.