12 Februari, 2010

Bahaya Facebook?


Tau dong kalo sekarang lagi heboh berita tentang bahayanya Facebook? Ada Nova gadis 14 tahun yang dibawa kabur pacarnya bernama Ari yang dikenalnya lewat Facebook kemudian mengalami perkosaan (atau katanya atas dasar suka sama suka). Ada lagi Abel gadis 14 tahun yang tadi pagi sempat diwawancarai oleh TVOne yang juga nekat pergi dari Surabaya ke Jakarta demi ketemu dengan teman yang dikenalnya di Facebook yang bernama Jeje atau Januar, walaupun tidak sampe diperkosa tapi HP-nya dicuri. Berita lengkapnya bisa dibaca di sini dan di sini.

Lalu, benarkah facebook berbahaya buat kita?

Kalau menurut aku sih, semua tergantung pada pribadi masing-masing. Jangan karena semua terjadi lewat bantuan Facebook lantas semua menyalahkan Facebook. Masa sih Facebook yang disalahkan? 


Begini deh, kalau kita sendiri meniatkan untuk menjaga diri, ga mau macam-macam, ga gampang percaya sama orang apalagi yang baru dikenal di dunia maya, ga mau ngasih info-info pribadi ke mereka, ga mau kenal lebih lanjut sama orang yang ga jelas kita tahu asal usulnya dengan pasti, ga mungkin kan semua kejadian di atas bisa terjadi sama kita? 

Toh Facebook sendiri udah ngebantu kita untuk ngejaga privacy kita masing-masing di facebook. Agar kita bisa mengatur siapa saja orang yang boleh tau informasi mengenai kita, apalagi di facebook juga mengandung informasi paling pribadi termasuk No Handphone. 


Kalo aku pribadi men-setting private semua data aku di facebook, termasuk profile information dan contact information, aku set only friends yang bisa lihat. Sampe aku inget, suatu hari Riesta nanya kenapa dia ga bisa nemuin account facebook-ku. Hehe, aku baru inget, ternyata aku men-setting cuma friends of friends yang bisa add me as friend.


Itu pun masih aku seleksi. Berapa banyak mutual friends-nya. Kalo ga banyak, cuma 1-2 orang sih maaf maaf aja langsung aku reject, pasti ga kenal soalnya. Kalo mutual friendsnya banyak aku masih harus liat profilenya, kenal ga orangnya? Kalo ga kenal, langsung reject lah.
Privacy Setting - Profile Information 
Privacy Setting - Contact Information
Jadi, kalo aku sih ga setuju banget kalo facebook disalahkan atas semua kejahatan yang terjadi melalui media facebook. Asal kita bisa menjaga diri dan ga mudah percaya sama orang baru tak dikenal, Insya Allah, kita aman-aman saja kok.


Gimana menurut teman-teman?




33 comments:

Tiananda on Jumat, Februari 12, 2010 7:50:00 PM mengatakan...

Setuju! ^^
makanya jangan nge-approve orang2 yang gak dikenal...
apalagi kalo liat ada yang nge-add tapi mutual friends-nya cewek semua... ih males banget ng-approve-nya.. hehehe

Unknown on Jumat, Februari 12, 2010 8:40:00 PM mengatakan...

setuju, sependapat dan se se yang senada dgn opini ukhty.

salam ukhuwah fillah ukh

desieria on Jumat, Februari 12, 2010 8:50:00 PM mengatakan...

@ tia: hehe, iya tia, untung aku set cuma friends of friends yang bisa add. itupun kalo mutual friends-nya dikit aku ga pernah approve wkwkwk

@ admin: makasih yaaaa

Unknown on Jumat, Februari 12, 2010 8:55:00 PM mengatakan...

Yah begiculah fenomena Fesbuk
kalo gak bijak bisa merugikan
(kaya aku ini bijak aja)

Facebook dan info pribadi bener2 rapet kalo buat aku mbak :
1. ngga nyebutin no hape
2. ngga nyebutin alamat rumah
3. ngga nyebutin nama sekolah

kalo yang kenal saia ya ga usah nanya lewat fesbuk, nanya pribadi aja, per personal lah.

suka fesbuk ria pas ekspresi perasaan, kalo buat approve, aku ngga pernah ignore..
nanti kalo aneh2 baru di remove aja dari plendlist

fesbuk berguna buat saya, bisa bantu promosi tulisan saya
lumayan kan? he..he

fesbuk positif kok, asal dipake hal yang positif, kasihan dweh si facebook ini. keren tapi jadi Kambing hitam..

merry go round on Jumat, Februari 12, 2010 10:05:00 PM mengatakan...

Deeuu...itu mah orang-orangnya aja yang terlalu pengen being famous sampe semua hal di shared di FB, sampe-sampe orang ngga dikenal pun langsung di add aja. Sekarang Fb saya hiatus tuh, lebih milih blogspot dibanding Fb.

desieria on Jumat, Februari 12, 2010 10:19:00 PM mengatakan...

@ itik: iya tik selama ini buat aku facebook berguna mendekatkan yg jauh. jadi emang tergantung niat orangnya.

@ rossa: bener say, ngapain sih approve orang2 yg ga dikenal. Aku jg lagi bosen sama FB. lebih suka blogspot hehe

Unknown on Jumat, Februari 12, 2010 10:38:00 PM mengatakan...

Yup benar banget..kita benar2 harus waspada dan jangan terlalu cepat percaya dengan orang yang kita kenal di FB.

anna fardiana on Jumat, Februari 12, 2010 10:45:00 PM mengatakan...

hm, soal bahaya ato nggak, tergantung penggunanya sih..

kalo pinter dalam menjaga privasi, ya gpp. tapi kalo malah kelewat 'open' juga salah.

makanya aku juga kayak itik, ga nyebutin nomer hp.

yang lebih parah lagi, pernah ada seorang cewek dengan lugunya memasang nomer pin BBM nya biar di add temen2nya. haa.. itu sih namnya bunuh diri..

desieria on Jumat, Februari 12, 2010 11:11:00 PM mengatakan...

@ lia: btul lia, asal kita bisa jaga diri dan jaga privasi yaaa..

@ mba anna: iya mba asal kita ga terlalu open sama orang yg ga dikenal. aku sih nyantumin no HP di FB toh semua friend-nya aku kenal, at least tau, dan so far, ga pernah ada yg macem2, atau aneh2 ngejailin segala ke no HP-ku.

SeNjA on Jumat, Februari 12, 2010 11:17:00 PM mengatakan...

FB ku yg pertama,...kacau alias friend nya lbih dari 1000,...akhirnya accountnya aku cabut.... *_*

Ninda Rahadi on Sabtu, Februari 13, 2010 2:11:00 AM mengatakan...

akhir2 ini males fban deh.. tapi gara2 temen2 aktif lagi.. huh.. pengen deaktip lagii :D

desieria on Sabtu, Februari 13, 2010 6:27:00 AM mengatakan...

@ mba Senja: Friendku juga 1000an mba, tapi Alhamdulillah semua kenal, temen sekolah, temen kuliah, adik+akka kelas, jadinya banyak hehe

@ anyin: hihi, kita kan udah ngobrol di twitter yaa nyin :)aku jg mulai bosen sama FB nih, males bingung mau ngapain :)

kebookyut (DiVe) on Sabtu, Februari 13, 2010 6:28:00 AM mengatakan...

ngeri juga liat berita.. kata ibunya keboo, emang mereka lagi puber2nya, jadi gampang terbawa emosi.. hehe

kalo keboo udah jarang bgt buka fb (emang pernah sering??), update status aja 1 bln sekali.. hehe...

tergantung orangnya kok mbak.. ma tergantung pengawasan ortu juga..

Anonim mengatakan...

harus ditanam kan Iman dari kecil ya untuk anak2 jadi tidak terpengaruh hal2 yang tidak diinginkan

AzHis Jhie on Sabtu, Februari 13, 2010 7:44:00 AM mengatakan...

Bahaya atau nggak, itu tergantung si pemakai aja sih....

klw digunakan dengan sebaik2nya, pasti manfaatx akan lebih terasa.

Riesta Emy Susanti on Sabtu, Februari 13, 2010 7:53:00 AM mengatakan...

hahahahhahaha.....
skarang aku malah ngediemin org yg add aku...
pesbuk cma kupake buat maen cafe world aja...
hehehehehe,,,
tapi aku langganan status orang2 yg aku kenal,,,jadi bsa langsung aku komen by sms...
hehehehe

de asmara on Sabtu, Februari 13, 2010 8:17:00 AM mengatakan...

betu betu betuuul....! hehehe. itu semua tergantung kita, facebook dll cuma sarana.

btw, des, aku jawab reply kamu di postingan aku kmrn, mudah2an ga disalah mengerti ya say... salam hangat ^^

Elsa on Sabtu, Februari 13, 2010 9:11:00 AM mengatakan...

untung untung....gak punya facebook!!! huuuuahahahahahaha gak ada hubungannya ya...

aku pikir, itu sih tergantung pemakainya. pinter-pinternya kita aja pake segala sesuatu. hal yang harusnya bisa positif..malah jadi negatif.

Arum Suryaningtyas on Sabtu, Februari 13, 2010 9:21:00 AM mengatakan...

Setujuu.... semua tergantung sikap masing-masing.. kasihan kan facebook dikambing hitamkan... heheeee...

tapi..lama-lama FB emang ngbosenin sihh..

Unknown on Sabtu, Februari 13, 2010 10:01:00 AM mengatakan...

makanya ortu kudu nasihatin anak2nya biar gak terpikat bujuk rayu temen fb nya.

desieria on Sabtu, Februari 13, 2010 11:23:00 AM mengatakan...

@ kebokyut: iya bener tuh, mereka kan ABG puber yg seneng cari perhatian hehe. Yup betul, ABG harus diawasi orang tua nih :)

@ mba lidya: betuuul mba, mudah2an anak2 kita soleh/solehah yaa mba :)

@ azhis: emaaaang. betul, so far menurut aku jg fesbuk malah bermanfaat.

@ Riesta: di reject aja riesta, biar kapok mereka hehe. wah wah, nanti kalo udah jadi fren komen di statusku yaaa wkwkwk

desieria on Sabtu, Februari 13, 2010 11:25:00 AM mengatakan...

@ de Asmara: iya harusnya jangan fesbuk yang disalahin yaaa. kalo positif makenya, dampaknya juga positif koo. oke, segera meluncur kesana :)

@ mba elsa: hehe iya untung mba elsa ga punya fesbuk. setujuuuuuu..

@ ieyaz: iya ya, facebook yg ga salah jadi disalahin, pasti si facebook sedih hehe

@ mba fanny: betul mba, peran ortu sangat berperan :)

dela on Sabtu, Februari 13, 2010 11:29:00 AM mengatakan...

setuju!
terlalu naif rasanya kalo kita hanya menyalahkan teknologi atas sesuatu yang seharusnya bisa diantisipasi terlebih dahulu..

dela from Buku Buku Dela

Ms Mushroom on Sabtu, Februari 13, 2010 1:30:00 PM mengatakan...

pengen balikin setting facebook yang dulu, yang bener2 bisa private, bahkan untuk teman sekaligus T_T

Unknown on Sabtu, Februari 13, 2010 1:31:00 PM mengatakan...

memang ni FB itu ternyata banyak efek negative juga....tapi positifnya juga ad..kaya nana..buat jualan..hhahahaa...

and skrg aku usahain nge add tman2 yang aku kenal aj des..

desieria on Sabtu, Februari 13, 2010 3:45:00 PM mengatakan...

@ dela: betul betul....

@ mba fenty: iya mba, perasaan setting yang dulu lebih asyik dibanding yg skrg..

@ nana: hihi, cieee yg lagi bisnis jualan online. sukses terus buat nana :D

Syifa Ahira on Sabtu, Februari 13, 2010 10:15:00 PM mengatakan...

yup.. setuju des.. yang salah bukan facebooknya, tapi orangnya..

ga ada facebook pun kejahatan2 serupa bisa saja terjadi..

achink on Minggu, Februari 14, 2010 11:51:00 AM mengatakan...

betul....

lah itu,, orangnya ajah yang begoo--jadinya ngambing hitamin fesbokk ajahh..

ckckkckckc,

desieria on Minggu, Februari 14, 2010 12:40:00 PM mengatakan...

@ mba Syifa: iya mba betul betul betul (upin ipin mode:on)

@ achink: ckckck, iya kasian jg sih sebenernya, tapi harusnya ga nyalahin fesbuk yaaa

Arju Ashari Risandika on Minggu, Februari 14, 2010 1:13:00 PM mengatakan...

ya begitulah,

menyalahgunakan facebbok dan dampaknya facebook yang disalahkan

loh kok mbulet yoh komentku

hahhahahhaha

ice blended vanilla on Minggu, Februari 14, 2010 2:16:00 PM mengatakan...

setuju...^^ des...
ya ampun templatenya lucu bgt kamu dapet dari mana des? minta alamat sitenya donk.. ^^ hehehe

Unknown on Minggu, Februari 14, 2010 3:33:00 PM mengatakan...

Rumahnya baru ya mbak????kereeeennnn

desieria on Minggu, Februari 14, 2010 3:52:00 PM mengatakan...

@ caca: hehe, makasih caca. aku bikin sendiri say..

@ itik: makasih yaaaa tik :D

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.