18 Februari, 2010

Bijak Memilih Operator Seluler




Pernah ga, ngerasa kesel, mau sms/nelpon orang, eh pas ngecek di phone book ternyata nomernya banyak banget? Bikin bingung mau menghubungi ke nomer yang mana. Akhirnya terpaksa harus dicoba dihubungin satu-satu. Doooh, negrjain banget rasanya. Eh atau malah kita sendiri yang masuk kategori 'si tukang gonta-ganti nomer' ini? Hayooo ngaku ^_^

Memang sih, aneka iklan dari operator yang menawarkan dan mengklaim diri sebagai yang termurah, dengan iming-iming aneka bonus, kadang menggelitik kita untuk akhirnya beralih ke operator seluler tersebut. Terpaksa ganti nomer, biar pulsa bisa awet. Kecuali bila ada dana lebih, ketimbang ganti nomer kan pasti mending beli HP baru buat si nomer baru, atau ganti HP yang bisa dual operator GSM-GSM atau GSM-CDMA.

Biasanya sih, yang jadi korban gonta ganti nomer ini terutama mereka yang berpasangan ^_^ Ga kebayang kaaan modal buat pacaran kalo beda operator? Sementara rasa cinta dan kangen yang menggebu harus disalurkan lewat sms/telpon pasangan setiap saat (halah bahasanya!). Tentu lebih hemat kalo menggunakan operator yang sama. Beda dengan mereka yang sudah bekerja, nomor HP ibarat nyawa (lebay ga sih?). Kalo kita ganti nomer, bisa-bisa klien kabur karena bingung menghubungi kita. Atau bisa-bisa dimarahin bos karena beliau  susah menghubungi kita.

Kalo menurut aku sih, memilih operator itu ibarat memilih jodoh (hihihi). Kita harus milih yang bener-bener pas dan klik, serta sesuai dengan kebutuhan dan tentu saja sesuai sama kantong (tau dooong, kantong kami-kami para mahasiswa :D ). Ada beberapa pertimbangan menurutku dalam menentukan apakah masih perlu kita ganti operator/tidak. 

1. Biasanya iklan murah/hemat operator itu hanya untuk periode tertentu saja! Dengan syarat dan ketentuan berlaku. Jadi pikirin jangka panjangnya kalo masa hematnya sudah berakhir, rugi kan kalo balik lagi jadi mahal.
2. Siapa yang paling sering kita hubungi? Kalo teman2/rekan kita yang sering kita hubungi sudah satu operator dengan kita, buat apa ganti? Nanti malah jadi mahal kalo kita mau berhubungan dengan mereka. Atau malah mereka juga jadi males nelpon ke kita karena mahal.
3. Ingat orang tua. Jangan egois hanya mikirin pacar/teman-teman. Orang tua juga butuh menelpon kita. Kangen sama anaknya yang mungkin jauh diperantauan. Kasian kan ngebebanin orang tua harus nelpon kita dengan biaya mahal, karena ingin bertelpon lama dengan kita? Wong pulsa kita aja dikasih orang tua wkwkwk.
4. Pertimbangkan matang-matang. Yakin ga kalo besok-besok ga akan tergoda sama iklan operator lain lagi yang ternyata menawarkan tarif jauh lebih murah lagi? Kalo akhirnya bakal tergoda dan terpaksa bakal ganti lagi, mending gantinya nanti nunggu si paling murah ini keluar (begitu seterusnya, sampe ga jadi-jadi ganti nomernya hehe).

Jujur, sekitar 3 tahun lalu aku sempet tergoda sama sebuah operator yang baru launching. Operator ini menawarkan bonus pulsa 3 kali lipat, dan demi bersms dan telpon sama si pacar (sekarang sudah mantan!), akhirnya aku pake double operator. Ternyata yah, mau hemat malah nambah beban pulsa! heuheu, kapok.

Alhamdulillah sekarang sih udah insyaf, dan ga tertarik buat ganti operator lagi. Walaupun katanya si operator ini yang paling mahal di antara yang lain, berhubung orang tua, pacar, dan teman-teman dekat juga pake operator ini, plus udah kepalang tanggung nomernya nomer cantik, aku mau setia aja sama operator ini, yang udah hampir 7 tahun jadi andalan. Siapa tahu pake operator ini aku jadi lebih bersimpati sama sesama (loh, kok malah iklan hehe) ^_^

38 comments:

Itik Bali on Kamis, Februari 18, 2010 6:13:00 AM mengatakan...

He..he
aku suka gonta-ganti no hape
tujuannya : Cari yang Sale pulsanya
mana yang lagi promo itu yang dipakai

bukan karena pacar atau temen
tapi cuma 1 nomor yang pasti
itu cuman buat keluarga
ha..ha

Riesta Emy Susanti on Kamis, Februari 18, 2010 6:47:00 AM mengatakan...

Wah,,desi,,ak dulu juga suka gonta ganti nomer,,tpi tetep aja nomer yg kupunya dr awal gak kuganti..dulu ak pnya 2hp,yg 1 bwt no asli, 1nya lg bwt ganti2,tpi akhirnya no yg suka gonta ganti akhirnya gak ganti2 lg..make yg ada bonus 3x itu bwt smsan ma tlp ma pacar..hehe
trus sempet jg make cdma pas di solo pke "teman" yg grtis tlp bwt tlpon pacar akhrnya pas pindah pku hrus ganti lg coz gak ada d pku..hehe

Clara on Kamis, Februari 18, 2010 6:50:00 AM mengatakan...

aku paling males ganti nomor!
rasanya jengkel aja kalo no nya berubah" pusing sendiri

Alrezamittariq on Kamis, Februari 18, 2010 7:18:00 AM mengatakan...

sip dah....
ada satu lagi...pikirkan juga buat negara....mana yang lebih menguntungkan buat negara...kalo si operator punya negara lain atau sebagian besar dimiliki negara lain khan uang kita bukan tuk negri sendiri....tul nggak?hehehe

SeNjA on Kamis, Februari 18, 2010 7:31:00 AM mengatakan...

hehehe,...sepertinya kita bisa saling telponan nih soalnya kayanya kita satu operator hihihi ^^

selamat pagi....

Syifa Ahira on Kamis, Februari 18, 2010 7:46:00 AM mengatakan...

kalo buat telpun dari dulu tetep setia pake operator t*******l, tapi buat ngenet make operator lain, leletnya minta ampun.. bikin gemes.. serasa mau dibanting aja tuh modem.. mau ganti operator lain juga bingung mana yang bagus.. awal2nya mulus plus irit fulus.. eh ujung2nya ngadat.. des.. buat ngenet bagusan apa ya?

Zee on Kamis, Februari 18, 2010 8:01:00 AM mengatakan...

hahahaa...
aku dari dulu gak pernah ganti2 no hp. tp dulu emang mengoleksi nomor yg sama, tp krn akhirnya suka lupa ngisi, satu persatu hangus. ya sud, akhirnya yg belum hangus ya tetap dipakai.
aku jg paling malas klo ada orang yg nelp gonta ganti no. ga akan aku angkat pasti biarpun ternyata dia temen... :D

Lina on Kamis, Februari 18, 2010 8:17:00 AM mengatakan...

wah iya Des, bener itu. masing2 operator memang menjanjikan masing-masing kelebihannya. tapi kalo diitung2 dan dibandingkan sih, nggak beda jauh ah satu sama lain. Saya termasuk orang yang setia kok, dari 2004 sampe sekarang nomor tetep. padahal hapenya dah ilang berkali2. untung nomernya masih bisa diurus...

readhermind-dy on Kamis, Februari 18, 2010 8:43:00 AM mengatakan...

Iya kebanyakan operator bikin pusing. Kalo aku skrg jadi punya 2 n0mor, dan sm0ga ga ganti2 lg deh..

ieyaz on Kamis, Februari 18, 2010 8:59:00 AM mengatakan...

Emang sebel banget klo mau menghubungi orang yang nomor hpnya segabrek banyaknya.. mesti cek satu-satu dlu jadinya...

Wahhh...operator seluler kita kayanya sama nich....
dari pertama punya hp g penah gnti ney nomer, emang sih paling muahal + g da gratisanya pula, tapi mau gimana lagi.. dah terlanjur cintrong sih.. hohoho...

ria_adria on Kamis, Februari 18, 2010 9:16:00 AM mengatakan...

*tunjuk tangan ga ya* hehehe
duluuuuuuuuuu ak sering gtu ganti2 nomer mpe beli HP tambahan biar semua nomer aktif
duh setelah dipikir2 nyesel jadi boros akunya
akhirnya skrg cm pake 2 Nomer, 1 untuk temen2 dan 1 khusus utk pacar

Tyas on Kamis, Februari 18, 2010 9:36:00 AM mengatakan...

Samaa mbak, aku jg terlanjuur setia sama no. yg aku pake sekarang ini. Uda 6 tahun aku pakenya..
Bukan karena gak tertarik sama operator lain, tp karena HP ku nge-password kalo diisi sama no. laen.. Dan sialnya aku lupa passwordnya apaa.. :)

Sang Cerpenis bercerita on Kamis, Februari 18, 2010 10:10:00 AM mengatakan...

kalo aku ganti nomor krn sering ada telpon dan sms nyasar. terus pernah juga krn gak bisa dipake pas ke luar negeri, padahal janji si operator bisa. akhirnya krn kesel aku ganti deh.

ice blended vanilla on Kamis, Februari 18, 2010 10:14:00 AM mengatakan...

info yg bagus des...
btw aku termasuk orang yg tukang gonta ganti nomer loh.. heheheh jadi malu kesindir nih...

Hijau Lumut on Kamis, Februari 18, 2010 10:21:00 AM mengatakan...

Wah, iya des... aku boros banget sekarang kalo soal pulsa T.T
Apalagi setelah eksis di fesbuk dan punya cowo (dan beda operator! nasib nasib... pacaran beda operator....T.T).
Soal Operator, aku masih setia pake AS (boleh nyebutin ga sih? hihi), udah 5 tahun soalnya. Jaringannya bisa dibilang stabil lah... Enak buat SMS, telpon, trus internetan. (Lho, kok aku juga promosi jadinya ya?? XD)

Nisa on Kamis, Februari 18, 2010 10:26:00 AM mengatakan...

haha.. aku suka sama point ketiga mba! sip banget tu, kadang kita lupa orang tua, ingetnya pacaaar terus, hihi.
Sekarang malah aku beda operator sama si mas, tapi masih sama2 murah lahh (loh ko malah curhat). ditunngu follownya ya mbaa.

fitrian.net on Kamis, Februari 18, 2010 10:38:00 AM mengatakan...

paling sebel tuh kalo kaya gitu, mau sms atau telp bingung ke nomor yang mana. jadi orang kok gak punya pendirian hehehe. oops sorry ya buat teman2 yang punya nomor lebih dari 1

desieria on Kamis, Februari 18, 2010 1:19:00 PM mengatakan...

@ itik: hihi ternyata ada itik nih tersangkanya. Tapi setidaknya buat keluarga kamu tetep punya no VIP tik :)

@ Riesta: emang si bonus 3x lipat itu menggiurkan sekali buat yg pacaran say, aku jg dulu gitu hehe. Fren yg daun itu kan? :D

@ clara: apalagi kalo nomer kita udah cantik yaaa clara :)

@ Alrezamittariq: wah iya betul, baru kepikiran tuh. Lebih baik pilih yg asli dimilikin negara, wah kamu WNI yg baik sekali hehe

desieria on Kamis, Februari 18, 2010 1:22:00 PM mengatakan...

@ mba senja: selamat pagi jg mbaa, ayo sini telpon aku :D

@ mba syifa: wah kita samaan mba syifa :D aku sih pakenya speedy mba syifa, kalo buat pake modem kayanya flash atau M2, cuma flash mahal banget yah :)

@ mba zee: wah koleksi nomor tiap operator? lucu jg. btw, mba zee galak jg nih sama temen hihi

@ Mba Lina: tepuk tangan buat mba lina yang selalu setia :D

desieria on Kamis, Februari 18, 2010 1:25:00 PM mengatakan...

@ readhermind-dy: Amiiiin, jangan diganti lg ya say :)

@ ieyaz: ayo toos dulu yaz. Sini atuh kita ngerumpi bareng hehe (udah tau mahal, masi mau ngerumpi!!)

@ ria: Alhamdulillah ria jg udah sadar hehe, emang makin banyak nomer makin konsumtif pulsa kan?

@ tyas: wah kamu pake HP apa? harusnya tuh semua HP kaya gitu biar orang ga banyak gonta ganti nomer :)

desieria on Kamis, Februari 18, 2010 1:28:00 PM mengatakan...

@ mba fanny: wah secret admirer kali itu mba :)

@ caca: hihihi caca, ketauan nih :)

@ mba nina: boleh2, soalnya kita samaan pake telkomsel hehe. AS itu enak yaa lebih murah dari simpati :)

@ nisa: setujuuu, padahal si pacar belum tentu mau bayarin pulsa, kalo kita kan otomatis pulsa dari orang tua hehe

@ mba lidya: aku jg pernah kaya gitu mba, jadi malu sama diri sendiri :)

Fi on Kamis, Februari 18, 2010 2:08:00 PM mengatakan...

haha, ketauan nih make simpatiii. loh kok ga sekalian bagi2 nomernya berapa yah?

AzHis on Kamis, Februari 18, 2010 2:56:00 PM mengatakan...

Huffft....!!!

PaLing jeNgkeL saMa oRang yaNG sUKa gOnta ganTi noMOr...

biAsax Q seNgaJa nggaK siMpan nOMorx...

>_<"

Elsa on Kamis, Februari 18, 2010 3:16:00 PM mengatakan...

pengguna SIMPATI ya.....

kalo nomor yang 7 tahun lalu sih nomornya masih sedikit. kalo yang baru baru, nomornya banyaaaaaak banget.

aku bukan pengguna simpati. tapi hampir semua teman2 pengguna simpati. mereka protes suruh aku gabung jadi pengguna simpati juga...
hehehehee...

ninneta on Kamis, Februari 18, 2010 5:24:00 PM mengatakan...

Hai,

datang mau ngucapin

happy lunar
happy valentine's day
happy ash wednesday

buat yang merayakan, yang nggak merayakan semoga bulan penuh cinta ini selalu membawa kebahagiaan dan kedamaian...

Ninneta

Fenty Fahmi on Kamis, Februari 18, 2010 7:25:00 PM mengatakan...

aku orang yang gak suka gonta-ganti nomer, dan setia pada indosat :p walaupun sering banget bikin bete, soalnya nomer ini udah kupake 6 tahun, masa' iya diganti ... gak deh :D

desieria on Kamis, Februari 18, 2010 9:59:00 PM mengatakan...

@ fi: haduh masa bagi2 nomer di sini :(

@ azhis: bener2, bikin males kalo mau ngehubungin.

@ mba elsa: iya bener mba sekarang beli perdana cuma 5rebu perak juga dapet, dulu sih mahal banget heuheu

@ mba ninneta: kangen mba :)

@ mba fenty: iya mba, aku jg sayang nomernya udah 5 tahun males ganti :)

QueeniieAngeLa on Jumat, Februari 19, 2010 12:54:00 AM mengatakan...

betul betul! sebaiknya gak usah tertipu dengan promo atau apapun itulah namanya. toh promo-promo itu gak bertahan lama. aku termasuk pelanggan setia. dari tahun 2003 no.telepon belum ganti2. yang ganti malah SIM Cardnya karena rusak berkali-kali. hahahaha

dan sungguh teramat bete kalau punya temen yang hobi gonta ganti nomer. jadinya bingung sendiri kalau mau hubungi kemana :(

Rava on Jumat, Februari 19, 2010 10:20:00 AM mengatakan...

Artikel ini gambaran aku banget dijaman dulu..tukang gonta ganti nomer sampe orang males nyimpen nomerku..hahahaha...
Tapi gak lagi setelah aku nemuin satu nomer. Emang bener kata kamu, milih nomer jodoh"an juga.. padahal bukan nomer cantik tapi aku nyaman sekali dengannya...beribu kenangan didalamnya..aiihh....jadi lebay! hihihi...

Ria on Jumat, Februari 19, 2010 2:03:00 PM mengatakan...

aku punya beberapa nomer, hanya saja aku punya satu nomer yg dari SMU sampai skr masih kupakai dan selalu hidup. jadi mendingan punya satu handphone jelek untuk ganti2 nomer sedangkan satu handphone lagi untuk nomer tetap :D

anyin on Jumat, Februari 19, 2010 4:47:00 PM mengatakan...

nomerku cuma dua kok mbak :P

-Gek- on Jumat, Februari 19, 2010 5:03:00 PM mengatakan...

sebenarnya aku orang yang ANTI gonta ganti operator.. tetapi, malang bener.. terlalu sering diteror orang, subuh, dini hari.. uah... *ga kuat godaan.

Akhirnya sekarang ganti nomer, dan sangat selektif untuk memberikan nomor itu pada orang.

Syukur2nya.. teror itu udah hilang.. semoga ga akan pernah lagi deh!
;)

anna fardiana on Minggu, Februari 21, 2010 4:17:00 PM mengatakan...

aku gak pernah ganti nomer des.. udah dari tahun 99 sampe sekarang, cuma ganti sekali... gimana.? setia kan?

kalo dulu pake XL, trus ganti halo.
males ganti2 nomer.. :)

desieria on Minggu, Februari 21, 2010 7:17:00 PM mengatakan...

@ QueeniiAngela: iya betul say, nyusahin banget kalo mau hubungin temen yg begitu :(

@ Rava: hehe, pasti kenangan sama someone special nih :) syukur deh kalo udah sadar hehe

@ ria: ide yg bagus say, jadi kalo kaya gitu ga nyusahin karena kamu punay 1 nomer tetap :)

desieria on Minggu, Februari 21, 2010 7:19:00 PM mengatakan...

@ anyin: nomerku juga dua nyin GSM+CDMA hehe

@ gek: huaaa gek diteror siapa? debt collector? hehehe. Syukur deh kalo udah ga dapet teror lagi..

@ mba anna: iya setia banget mba, udah lebih dari 10 tahun tuh. wah sekarang kita samaan pake telkomsel hehe

.:diah:. on Senin, Februari 22, 2010 1:28:00 PM mengatakan...

setujuuu, paling gk suka deh ma orang yg hobbynya gontaganti nomer, bikin orang susah aja klo mw hubungi, gmana coba klo dalam keadaan urgent, trus kta gk tau nomer mana yg harus dihubungi, kan susah yaa (lho ini koq jadi marah2, hehehh, maaff yaaa Des) :D

wlo saya jg punya nomer jadi2n *yg abis pake trus digeletakin bgitu aja tapi tetep setia dengan nomer yg ini [secara gampang daku inget dan pastinya, thn lahirku diujung nomer tsb] udah lbh 4thn menemani, hidup merah deh.. hehehh T-Sl :D

Mamat on Minggu, Februari 28, 2010 2:02:00 PM mengatakan...

Gw jg, sring bnged g0nta"ganti n0pe,, kdang sodara" aj, pd g tau n0pe gw...

Lam knal y.

The Gargolians on Rabu, April 14, 2010 11:50:00 PM mengatakan...

emosi banget dah sama layanan operator sekarang. yang satu inetnya lemot plus boros, yang satu lagi sinyalnya raib. sebenernya lebih prefer sama i*****t, tapi sinyalnya ilang. padahal internet n tarifnya menurutku udah pas buatku. sayang banget. jadi pusing nih mau pake operator apa. ;S

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.