18 Januari, 2010

Foto Pre Wedding Haram?


Baru lihat tadi di TVone tentang hukum haram buat foto pre wedding, bahkan sampe fotografer yang motoin itu pre wed pun dinilai haram. Aku bukannya pengen sok-sok-an bijak atau ngasih pendapat sih tentang masalah ini.  Cuma pengen ngungkapin isi hati aja. Berhubung aku belum nikah, dan malahan berencana dan pengen banget kalo nanti nikah ada foto pre wed-nya. Nah kalo haram, rugi dong belum sempet hehe...

Aku sih setuju sama pernyataan MUI-nya kalo mereka mengharamkan misal karena pose-pose pre wed-nya yang terlalu mesra. Sampe ciuman gitu difotonya yaaa mana aku mau, lah kan nanti tu foto pre wed dipajang dan dilihat semua orang kan? Malu banget baru mau nikah udah diekspose, kecuali kalo udah sah nikah terserah aja. Nanti orang tua juga pasti ngamuk ^_^

Nah, kalo foto-foto sopan kaya gini, masa iya diharamin?







ps: foto-foto diambil di sini

 

35 comments:

anyin on Senin, Januari 18, 2010 10:02:00 PM mengatakan...

wuaa blogku belom dipasang dibloglist ya mbak? #nangis hehe

duh jangan haram dong lihat2 fotonya kali.. pengen prewed juga :') #malu

anyin on Senin, Januari 18, 2010 10:04:00 PM mengatakan...

ini kok ga ada tulisan kalo komen moderasi ya? padahal udah masuk deh kayaknya. blogger jadi gini ya? bingung -__-a

Aulawi Ahmad on Senin, Januari 18, 2010 10:10:00 PM mengatakan...

di dalam islam, kalau bukan muhrim pegangan tangan kan dah gak boleh, apalagi foto ber2an sebelum resmi jadi suami istri, nah mungkin disitu letak "haram"nya...tapi semua kembali kepada individu masing2 yg pasti punya pendapat berbeda2, yg mau nurut silakan yg gak yah ditanggung sendiri dosanya :)

desieria on Senin, Januari 18, 2010 10:19:00 PM mengatakan...

@ anyin: wah belum yaaa say? Ok ok aku pasang sekarang juga. Cup cup jangan nangis hehe. Wah ga muncul ya? Apa karena loadingnya lama? Aku juga suka malahan liat2 foto pre wed yg lucu hehe

@ Aulawi: iya mungkin disitu letak haramnya. Cuman emang bener kembali ke individu masing2 aja. Kaya pacaran kan juga haram, nah yg milih pacaran berarti siap menanggung akibatnya hehe

ratna wulandari on Senin, Januari 18, 2010 10:20:00 PM mengatakan...

aku suka foto yang terakhir..

terserah ah mau haram, harim, atau apalah..
yang penting ntr klo mau nikah aku harus ada foto pre-weddingnya..heheee

kadang mah emang gitu dey..asal bilang haram-haram ajah..

seharusnya kan ada kategorinya..

kalo foto pre-wedd yang menimbulkan syahwat NAH itu baru HARRAM

klo menimbulkan rasa indah, suka, itu kyanya gag dey..

suci humaira sophia on Senin, Januari 18, 2010 10:21:00 PM mengatakan...

iya..haramnya karena di dalam islam, kalau bukan muhrim pegangan tangan kan dah gak boleh, apalagi foto ber2an sebelum resmi jadi suami istri seperti kata aulawi.. kan hukumnya jadi mendekati zina.. *walau masih kategori sopan seperti di contoh desi itu*

kecuali pas difoto udah nikah.. jadi judulnya bukan pre wed..tapi pre party..hihi

lagian memulai "ibadah aka nikah" kan sebaiknya dengan cara yang disukai Allah kan..

desieria on Senin, Januari 18, 2010 10:28:00 PM mengatakan...

@ nana: hehe iya nana, aku juga kepengen banget ada pre wed-nya, lucu buat kenang-kenangan, yang penting sopan ^_^

@ suci: post wedding gitu kali ya say nantinya? Hmmm, kalo kaya gini sih emang harus kembali ke pribadi masing2 yaaa. Kalo aku sih ngelihatnya lucu dan bagus aja hehe

ajenk on Senin, Januari 18, 2010 10:35:00 PM mengatakan...

aku yg gak habis pikir kok phtografernya ikut diharamin ya...hahaha...perasaan itu kerjaan halal deh... ck ck ck...

emang MUI ada ngeluarin fatwa gitu ? setahuku yg cuap-cuap haram tuh baru ormas tertentu...

aya aya wae.... :))

waaa...des...aku suka pose yg naek perahu...xixixi... :P

Ica Puspita on Senin, Januari 18, 2010 10:59:00 PM mengatakan...

Wahh, belum kesampaian kok ada fatwa haram... ckckck, sedih dey :'(

*Salam Kenal ~IcaPuspita~

desieria on Senin, Januari 18, 2010 11:07:00 PM mengatakan...

@ ajenk: tadi di TVone sih MUI jawa timur jeng yg udah ngasi fatwa. Berarti buat yg jawa timur aja kan? hehe ngarep. Iya lucu ya yg itu, aku jg mupeng :D

@ ica: wah kamu juga mau pre wed say? jangan2 bentar lagi nikahnya hehe

putri ayuningtyas on Selasa, Januari 19, 2010 2:26:00 AM mengatakan...

Waaah.. thanks info nya.

hmmm.. ada bener nya si..
ntar poto nya setelah nikah aja klo gtu yak. di pajang di rumah sendiri.. hihihihi

Clara on Selasa, Januari 19, 2010 5:58:00 AM mengatakan...

hiaaa~ semoga ada batasan" tertentu aja deh soal haram ga haram. saayang kalo mau nikah ga ada poto pre wed...aku juga mau ada ^^

fitrian.net on Selasa, Januari 19, 2010 6:15:00 AM mengatakan...

aku lebih setuju kalau pose atau gaya nya yang haram ya. masa foto haram :)

Rosa on Selasa, Januari 19, 2010 6:31:00 AM mengatakan...

eeeemmmm...haram ya...baru tau sih tp q dl jg ada foto pre-weddingnya kok, yg penting sopan kale ya...ato klo eang haram beneran fotonya pas abis ijab..mana ada ya kilat yg 2jam jadi segedhe itu qqqkqkkk...

soRella on Selasa, Januari 19, 2010 8:32:00 AM mengatakan...

hmm...kayanya emang ada alesannya juga sih, ya itu tadi..kadang suka pada kelewatan juga sih foto2nya..expose kemesraan beraatt..

tapi aku setuju sih, foto post wed aja yuuuu...biar lebih bebas berekspresi! hehehe

Syifa Ahira on Selasa, Januari 19, 2010 8:32:00 AM mengatakan...

untung aku udah nikah sebelum foto pre wed diharamkan MUI :) tapi jangan sampe ah, foto2 yang masih sopan dan wajar kaya contoh desi di atas, dimana letak haramnya coba?

Elsa on Selasa, Januari 19, 2010 8:54:00 AM mengatakan...

yup, alasan mengharamkannya itu kan karena mereka yang foto belom menikah tapi berlaku sangat mesra seperti layaknya yang sudah menikah.

lebih amannya, foto prewed sebaiknya dilakukan setelah akadnikah. mungkin itu lebih baik. kan sudah halal.

-Gek- on Selasa, Januari 19, 2010 9:18:00 AM mengatakan...

Ada2 aja sih Neng beritanya.. ck ck ck ..

Yah, biar mereka ada kerjaan aja kale.. :)

QueeniieAngeLa on Selasa, Januari 19, 2010 9:47:00 AM mengatakan...

kadang2 suka bingung sendiri dengan peraturan yang berlandaskan pada "haram-haraman". entah aku yang gak mengerti benar tentang hukumnya atau memang aku yang berpikiran terlalu terbuka sehingga kadang2 agak2 skeptis sendiri dengan peristiwa haram2an ini.

yang jadi pertanyaan terbesarku adalah, kenapa gak mengharamkan dulu majalah porno2 sih? I mean the real action as they did to pre-wed photography. aku pikir itu jauhhhh lebih makes sense deh dibanding masalah pre-wed ini.

Lina on Selasa, Januari 19, 2010 11:00:00 AM mengatakan...

setuju sama bang aulawi.
tapi tetep bisa foto prewed kok Des, asal nggak pegang2an terus pose-posenya juga nggak bikin orang lain mikir yang enggak-enggak. hehehe..
malah makin kreatif tuh ntar cari pose.
misal, yang satu di ujung perahu mendayung, yang satu pake payung.
hehehe...aneh nggak sih ??

Itik Bali on Selasa, Januari 19, 2010 11:35:00 AM mengatakan...

Kalo menurut aku sih
tergantung dari posenya aja
juga tergantungb dari kitanya bagaimana menafsirkan
sepanjang masih dalam batas kewajaran sama aja kok kaya foto sama temen gitu

Henny Y.Wijaya on Selasa, Januari 19, 2010 3:12:00 PM mengatakan...

pokoknya nggak setuju!!! seharusnya kan cukup bilang larangan untuk foto-foto yang nggak sopan *misalnya ciuman, pelukan* nggak perlu bilang haram segala

desieria on Selasa, Januari 19, 2010 4:27:00 PM mengatakan...

@ putri: padahal kan pengennya diliat dan dipuji serta dikomenin 'bagus' sama yg laen hehe

@ clara: iya clara, mudah2an bukan semua pre wed-nya yah, tapi cuma pose-pose mesra-nya aja hehe

@ mba lidya: sama mba, aku jg setujunya kaya gitu.

@ Rosa: wah beruntung udah nikah dan udah pre wed hehe. Iya ga mungkin abis ijab, kecuali ijab sama resepsi beda hari hehe

@ sorella: iya kalo yg kelewatan aku jg ga setuju sih. Setuju, pre wed kan buat berekspresi hihi

desieria on Selasa, Januari 19, 2010 4:31:00 PM mengatakan...

@ syifa Ahira: huaaa, senangnya udah nikah sebelum ada gonjang ganjing gini :) iya kalo sopan posenya mudah2an ga haram ya :)

@ mba elsa: iya mba, aku setuju kalo emang gara2 berpose sangat mesra. Tapi kalo sopan mudah2an gapapa hehe

@ gek: hehehe, dasar

@ QueeniieAngela: sama, mungkin juga karena kitanya yg terlalu terbuka sama hal2 baru. Tapi emang bener setuju sama kamu banyak hal lain yg lebih penting diurusin dan dikasi embel2 HARAM dibanding 'cuma' pre wed aja.

desieria on Selasa, Januari 19, 2010 4:33:00 PM mengatakan...

@ Lina: iya, mudah2an kalo posenya sopan mah ga haram yaaah, kan ceritanya art gitu hehe...aduh kalo pose gitu mah ga nyambung haha

@ itik bali: iya bener yu, posenya yg penting sopan.

@ henny: betuuul heni, bukan pre wed-nya yg haram harusnya, tapi pose pre wednya yg terlalu mesra yg haram.

BrenciA KerenS on Selasa, Januari 19, 2010 7:48:00 PM mengatakan...

yg diharamkan itu bukannya yang ada adegan2 mesranya kayak cium2an dan peluk2an gitu ya...

ninneta on Rabu, Januari 20, 2010 3:09:00 PM mengatakan...

Salam sobat, datang mempererat silaturahmi... maaf baru mampir lagi... kesehatan memburuk baru membaik... Semoga selalu dalam kebahagiaan...

Ninneta

desieria on Rabu, Januari 20, 2010 3:53:00 PM mengatakan...

@ mba brencia: iya mba, mudah2an yg kaya gitu yg diharamin..

@ mba ninneta: gapapa mba, moga cepet sembuh yaaa :)

anna fardiana on Rabu, Januari 20, 2010 9:00:00 PM mengatakan...

mmm... iya baru denger tadi kalo pre wed di haramin..untung udah pre wed..malah dah bikin post wed segala... alias udah nikah..heheh

yaa asal gak mesra2 amat..boleh kali yaa

desieria on Rabu, Januari 20, 2010 10:54:00 PM mengatakan...

@ mba anna: hehe iya mba anna enak udah pre wed. Mudah2an iya kalo posenya ga mesra masih boleh :)

Ria on Jumat, Januari 22, 2010 10:02:00 AM mengatakan...

mungkin tergantung presfektif mana menilainya, kalau foto pra wednya biasa2 aja dan gak pake adegan aneh2 gw rasa sah2 aja tuh...kenapa enggak? tapiiiiiiiii klo udah aneh2 ya sebaiknya jangan...so...agree with you

jangan lupa diriku di undang ya ;)

Mawardi on Sabtu, Januari 23, 2010 7:47:00 PM mengatakan...

Salam Kenal, sebenaranya tentang haram fhoto free wed tidak perlu fatwa tentang haramnya cukup renungkan sebuah hadits nabi yang menjelaskan tentang besarnya dosa orang bersentuhan dengan orang bukan muhrimnya, intinya nabi menegaskan sungguh seorang muslim lebih baik ia ditusuk dengan besi yang di panaskan daripada ia harus bersentuhan kulitnya dengan orang yang bukan muhrimnya walaupun itu calon istrinya,bukan juga masalah bijakasana atau tidak tapi coba pikirkan jika awal membangun rumah tangga saja di awawli dengan perbuatan dosa apakah pernikahan tersebut di berkahi Allah, bagi seorang muslim membayar kenikmatan yang sekejap dengan adzab yang besar sungguh sesutau yang harus dijauhi. Bagi anda yang pernah melakukannya maka segeralah beristigfar jangan merasa bebas karena fatwanya telat,kalaupun fhoto free wed-nya di rekayasa tapi sebaiknya dihindari karena bisa menimbulkan fitnah atau jalan tengahnya anda ijab qabul saja dulu baru fhoto free wed kan lebih aman dan tidak berdosa. Mari kita menimbang kehidupan kita dengan syari'at agama kita bukan atas dasar suka atau tidak suka yang tidak lain itu adalah ajakan hawa nafsu, terima kasih semoga bisa menjadi nasehat kita bersama termasuk saya

desieria on Minggu, Januari 24, 2010 9:39:00 PM mengatakan...

@ ria: amiiin doanya aja say semoga aku bisa segera nikah hehe. makasih yaa pendapatnya.

@ mawardi: makasih yaa mas nasehatnya. Semoga aku bisa sepenuhnya menjalani ajaran islam :)

Risma Hutabarat on Selasa, Januari 26, 2010 6:25:00 PM mengatakan...

Duh, susah nih kalo mau komentar, Des. Soalnya, di agama kami nggak ada istilah haram kayak gini nih. Tapi, menurutku, sebagai umat, selayaknya lah kita menjalankan ketentuan agama kita dengan baik. Itu saja.

Kalau foto prawed dilarang, kira-kira, banyakan yang menerima atau menolak ya? :)

Sori, Des. Aku termasuk yang bermasalah dengan shoutmix (link nya nggak nongol) jadi susah kalau mau nyapa. Makanya sekarang udah ganti ke cbox :)
Apa kabar?

Kindly visit my blogs, folks..
Mommy Mayonnaise
Blog Perempuan Rumahan
Female Stuffs

desieria on Selasa, Januari 26, 2010 7:40:00 PM mengatakan...

@ mba risma: hehe ga tau mba, kalo orang awam kan kebanyakan ga ada namanya pre wed2an, biasanya cuma buat mereka yg udah modern aja :)

wah gitu yaa mba? tar aku coba ganti deh.

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.