19 Agustus, 2009

Ribetnya apoteker di ITB


Hari ini capeee banget. Seperti yang udah dibilangin, hari ini hari pertama ujian praktikum apoteker. Yaaa ampuun, kenapa sih ujian apoteker di ITB harus seribet ini. Sampe ada 3 tahap segala. Tahap 1 ujian pustaka : Alhamdulillah udah lulus Tahap 2 ujian praktikum : sedang dijalani dan mohon doa dari semua biar bisa lulus Tahap 3 ujian lisan : uji pengetahuan komprehensif, diuji sama berbagai praktisi, ada dari rumah sakit, industri, apotek, Badan POM, dosen, dll, jumlahnya bisa sampai lebih dari 10 penguji. Padahal kabarnya di universitas lain, program profesi apoteker ini ga seribet ini ujiannya. Yaa, mudah-mudahan aja ya, dengan makin susah ujiannya, kualitas lulusannya pun makin mantap dan diakui lagi. Amiin. Bukan apa-apa ya. Selain ujiannya yang sangat ribet, ga semua bisa lulus ujian loh. Udah banyak korbannya. Kalo ga lulus ya harus ngulang ikut ujian semester berikutnya. Untuk yang ujian sekarang juga ada 7 orang peserta dari semester kemarin yang ga lulus. Bahkan ada yang udah ngulang ujian sekarang ini ketiga kalinya, WOW..!!! Nah, kemarin aja nih, pas pengumuman ujian tahap 1 ada 17 orang temen yang ga bisa ngelanjutin ke tahap 3. Jumlah yang banyak dari total 101 peserta. ga tanggung-tanggung, yang ga lulus malah peserta yang waktu S1-nya masuk kategori lulusan ITB berpredikat cum laude. Fantastik!! Intinya, dalam ujian apoteker ini, ga hanya dibutuhin kepintaran kita nguasain materi, tapi juga butuh strategi, fisik dan mental yang kuat dan siap berada dalam tekanan (halah). Di samping juga yang ga kalah penting adalah faktor luck. Iya, ga cukup kok hanya pinter, jago nyelesein masalah, percuma juga kan kita bisa jawab bener tapi pas hari H misalnya salah nulis (karena cape nulis kebanyakan/ga teliti) perhitungan dosis obat yang sangat fatal dan bisa berakibat ga lulus. Jadi selain mesti belajar, juga harus banyak-banyak berdoa, minta doa restu orang tua, keluarga, pacar (hehe ini penting banget), kalo perlu minta doa ke orang-orang sekampung hehe :D

7 comments:

Anggiara on Selasa, Agustus 25, 2009 12:49:00 PM mengatakan...

hmmm.. jadi inget masa lalu baca posting ini..
sukses ya ujiannya! yang penting mah LOLOS aja.. :)

desieria on Selasa, Agustus 25, 2009 8:13:00 PM mengatakan...

Amiin...
makasih mba..
wah mba juga apoteker juga nih?
salam kenal ya mba :D

liew267 on Rabu, Januari 13, 2010 12:31:00 PM mengatakan...

hwaaaa saya jd takut mbaa.. sy baru masuk apt ITB tahun ini mulai kulnya bulan maret 2010.. hiks hiks yg cum laude aja ad yg ga lulus gimana sy yg kuliah S1 IPK-nya cuma pas2an..

desieria on Jumat, Januari 15, 2010 4:50:00 PM mengatakan...

@ liew267: oooh, S1-nya dari luar ya? wah semangat yaaa... jangat takut dulu, dijalanin aja. Mudah2an sukses nanti ujiannya :)

hannah on Kamis, Januari 21, 2010 9:55:00 AM mengatakan...

kq serem y mbk?
kbetulan q skrg msi S1 farmasi, itupn msi smtr 5 hhe.
pgn rencna lanjutin apotkr d'ITB.
mw tny biayax apotker dsna mbk, sistem perkuliahannya bgaiman?
makasi ^_^

desieria on Minggu, Januari 24, 2010 9:43:00 PM mengatakan...

@ hannah: wah mudah2an kamu bisa keterima apoteker di ITB yaaa. Ada ujian masuknya kalo yg dari luar. Belajar yg rajin hehe.

Kalo biaya, tiap taun naik kalo ga salah. Untuk skrg yang non ITB 10 juta/ semester. Perkuliahannya sih 2 bulan kuliah 2 bulan KP/ semesternya.
Semoga membantu infonya yaa :)

fakhria on Senin, Maret 21, 2011 11:44:00 AM mengatakan...

Whoaa tetehh.. iseng nyari info apoteker ITB malah nyangkut ke blog teh desi.. blognya unyuuuu.. ^.^

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.