15 Oktober, 2009

Tolong berhentilah nawarin aku MLM Tianshi



Desperate.
Saking ga tau harus bikin alesan apa lagi.
Ga enak ternyata dikejar-kejar agen MLM T_T
Udah sekitar 2 bulan ini aku diteror diajakin temen ikutan MLM Tianshi. Bukan temen biasa lagi. Temen masa kecil, temen TK, temen SD, temen SMP, temen deket rumah. Jadi kan mau nolak frontal juga ga enak.

Udah banyak banget alesan yang diutarain. Untungnya emang tiap dia ngajakin -seminar, pertemuan, atau apapun lah namanya- aku sih selalu pas ada alesan. Soalnya aku ga jago bohong. Yaah, walopun sedikit dilebay-lebay-in sih.

"Maaf, aku lagi ujian apoteker nih."
"Aduh maaf, aku lagi mau pergi sama aa, udah seminggu ga ketemu (curhat haha)"
"Aduh aku lagi shopping baju lebaran nih"
"Aduh, aku harus gladi resik wisuda, ngurusin ijasah ke kampus"
"Aduh, aku lagi dinikahan temen, dan pulangnya pasti cape banget deh"

Dan alesan-alesan lainnya. Tapiii tetep ya bo, temen aku yang satu itu keukeuh sumeukeuh, semangat 45, pantang menyerah nawarin "jualan bisnisnya". Fyuh. Anehnya dia ga pernah tuh to the point ngaku kalo jualannya itu ya MLM. Paling ngakunya ngembangin bisnis lah, seminar entrepreneur lah, usaha baguslah. Ko ga pede yaa sama jualannya sendiri? Apa udah takut ditolak sebelum "sharing"? Itu sih bahasa dia buat "pemaksaan" yang dia lakuin ke aku.

Tadi malam akhirnya, setelah cape ngajuin alesan2 penolakan, aku mau juga diajakin ketemuan. Daripada terus diteror kan? Setidaknya akhirnya dia ngebuka kedokngejelasin maksud ke-MLM-annya. Pas udah ketemu, tuuuuh kaaan bener MLM. Untung aja udah nyiapin amunisi. Binta backing-an 2 anak kosan hehe. Temen anak kosan itu, sama-sama anak farmasi, lumayan kaaan bisa bantu banyak bantahan. Lagian kalo rame gitu dia jadi ga fokus sama aku (ga keukeuh ngajakin aku sendirian). Malah pas dia "sharing" alias presentasi itu, kami bertiga para pendengar malah sambil curhat, ketawa2, sms-an, sesekali fesbukan, malah gilanya salah satu temen googling "hukum MLM haram" saat itu. Untung layar laptopnya ngebelakangin si temen pemuja MLM itu haha.

Akhirnya, selama hampir sejam kami bertiga terpaksa dengan sukarela dengerin presentasinya. Dan dalam beberapa hal sih, dengan latar belakang pendidikan aku yang ehm, apoteker, aku ngerti banget kan masalah obat-obatan. Dan banyak banget siih hal-hal janggal yang kita bertiga temuin dalam presentasi dia. Keliatan juga siih dia agak kagok juga ngelawan 3 orang APOTEKER haha, rasain. Jadi kalo kita ngebantah yaa dia cuma "ooh yaah kalian lebih tau lah yaa"

Maaf kalo ada temen blogger yang juga pengikut Tianshi.
Aku bukan mau ikutan jelekin Tianshi sih. Cuma ya bo kalo mau ngajakin orang tuh bermoral dikit kenapa? Masa sampe harus maksa-maksa sih? Jangan bikin orang apalagi sahabat temen, keluarga, tetangga, dan siapa lagi yg diajak jadi males ketemu dan males dikejar-kejar. Malah jadi ngerusak silaturahmi, ya ga sih?

Beberapa info hasil googling Tianshi. Ada sobat bloger yang ditawarin juga, tianshi-watch, , kaskus, dan lain-lain lagi.

ps: gambar diambil di sini.


9 comments:

Lala on Kamis, Oktober 15, 2009 9:31:00 PM mengatakan...

Sebel juga ya mbak, klo direcokin terus kek gitu.
Mustinya temen mbak itu tau diri hehehe
Salan kenal mbak, makasih udah mampir ke blog aku :)

mbah jiwo on Jumat, Oktober 16, 2009 6:38:00 AM mengatakan...

di titik ini saya ga suka orang mlm, seluruh relationship jadi acara 'prospek'. eniwei, thianshi masih ada to?

Henny Y.Caprestya on Jumat, Oktober 16, 2009 9:02:00 AM mengatakan...

hehe..itu namanya agresif ya mbak. Henny juga gitu, kebetulan kantor henny sebelahan sama K-Link (11-12 sama Tianshi lah..)
Sebenarnya yang begitu emang bisa bikin untung mbak, asal kekeuh cari referallnya :)

BrenciA KerenS on Jumat, Oktober 16, 2009 9:05:00 AM mengatakan...

hahah kok kayak dikejar dept kolektor ya...

jangan mau diajak seminar, bayar tuh..mending dapet snack. Capee deeh!!

secangkir teh dan sekerat roti on Jumat, Oktober 16, 2009 1:12:00 PM mengatakan...

jangankan dari segi apoteker...

dari segi ilmu produksi dan bisnis sendiri (sok banget, hahaha!)... sangat kecil kemungkinan reward2 itu terwujud, probabilitasnya juga sangat kecil.. toh ternyata, yang dapet cuma satu dua orang, dari sekian ribu, mungkin jutaan pengikutnya...

dan baarngkali, dia dapet reward2 kaya gitu setelah berhasil 'ngibulin' sekian ratus tibu orang

lidya on Jumat, Oktober 16, 2009 2:51:00 PM mengatakan...

kalo aku kebal mbak hehehe, sampe orangnya bosen nawarin aku terus gak di anggep jadi mundur dengan sendiri nya

pipinpramudia on Jumat, Oktober 16, 2009 7:10:00 PM mengatakan...

emang kadang kadang tianshi itu sudah kelewatan, kasian, downline2 mereka sudah tidak ubahnya dengan zombie

desieria on Jumat, Oktober 16, 2009 9:23:00 PM mengatakan...

@ lala: iya, tapi itu susahnya, ngebuat dia tau diri. sama2 yaa :D

@ mbah jiwo: ada tuh, buktinya temen aku masih semangat ikutan :D

@ henny: sayangnya tetep aku ga tertarik haha..

@ BrenciA KerenS: hah, bayar yah? iihhh, makin males deh.

@ secangkir teh dan sekerat roti: iya betul. mereka yg diekspose berhasil cuma segelintir. Coba yg gagal yg diekspose, udah jutaan kali tuh.

@ lidya: dia temen pernah deket soalnya jadi ada rasa ga enak sih :D

@ pipinpramudia: huhu zombie, takut :D

Elsa on Rabu, Oktober 28, 2009 5:39:00 PM mengatakan...

hahahahah tianshi???
aku juga mengalami hal yang sama. tapi itu terjadi di masa yang lampau... bertahun tahun yang lalu.
eh ternyata sampe sekarang Tianshi masih ada toh. baru tau. hehehehehee

 

Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.