01 Desember, 2009

Kosmetik Palsu





Siapa sih wanita yang ga ingin tampil cantik? Sepertinya semua wanita ingin tampil cantik, makanya wanita memoles diri menggunakan kosmetik, baik yang hanya untuk tujuan perawatan sehari-hari seperti sabun, shampoo, conditioner, maupun untuk tujuan dekoratif seperti eye shadow, maskara, lipstik dll.

Nah, temen-temen pasti pernah lihat kan di TV ada berita mengenai kosmetik palsu? Yaaa, sekarang emang ga lagi heboh tentang pemberitaan ditemukannya kosmetik palsu, walaupun tanpa sadar, pasti kosmetik palsu itu beredar di sekitar kita. Kok tiba-tiba kepikiran ngebahas ini? Hehe, gara-gara kuliah hari ini tentang uji stabilitas kosmetik dan dapet petuah dari dosenku.

Apa sih ciri-ciri kosmetik palsu itu? Salah satunya bisa dilihat dari nomer registrasinya. Kosmetik palsu biasanya tidak punya nomor registrasi, kosmetik jenis ini biasanya adalah kosmetik impor misalnya dari China yang diimpor secara ilegal. Untuk mengantisipasi ini, sebaiknya perhatikan dengan seksama no registrasi yang tertera pada kosmetik sebelum membeli (walaupun aku sendiri suka males sih hehe..) Nomor registrasi kosmetik terdiri dari 10 digit, diawali dengan kode CD : Prod. Dalam negeri/ lokal, atau CL : Prod. Luar negeri/ impor, 2 digit 1 : Kategori, 2 digit 2 : Sub Kategori,   2 digit 3 : Tahun terbit,   4 digit akhir : No. urut. Makanya menurut aku sih, ketimbang cari perkara dengan membeli produk kosmetik China yang ga jelas asalnya lebih baik memilih kosmetik yang udah familiar, yang bisa kita lihat iklannya di TV, majalah, baligo, dll, dan beredar di supermarket, udah jelas keamanannya.

Selain kosmetik palsu yang tidak memiliki nomor registrasi, ada juga kosmetik asli tapi palsu (aspal). Biasanya harga kosmetik aspal ini lebih murah ketimbang harga asli di pasaran, dan cenderung dijual di pasar-pasar tradisional. Makanya dengan iming-iming harga murah, masyarakat awam pasti lebih melirik kosmetik dengan harga miring ini dibanding membeli di supermarket yang harganya lebih mahal. Padahal jelas-jelas ini berbahaya banget, walaupun dari kemasannya sendiri kosmetik aspal ini keliatan mirip atau bahkan persis dengan aslinya, misalnya nih  merk yang pernah dipalsukan dengan kemasan mirip aslinya adalah PONDS dan Olay.

Nah, untuk menghindari terjadinya peredaran kosmetik asli tapi palsu, dengan kemasan yang persis aslinya tapi sebenernya palsu ini, kita bisa ikut berperan serta loh. Seperti yang hari ini dibilang dosen aku: rusaklah dulu kemasan kosmetik yang akan dibuang. Ini untuk menghindari, kemasan kosmetik yang kita buang ini dipungut pemulung dan kemudian dijual kepada orang tidak bertanggung jawab yang kemudian menggunakan kembali kemasan bekas ini untuk mengemas produk kosmetik palsu. Dengan begini, kita ikut serta menanggulangi peredaran kosmetik palsu.

Memang terdengar muluk sekali harapannya, ini kalo cuma kita sendiri yang memulai. Kalo kita bisa mengajak temen-temen kita untuk ikutan memulai, bukan tidak mungkin kan beneran bisa menanggulangi peredaran kosmetik aspal ini? Makanya, ayoo, jangan lupa saran ini di share ke temen-temennya yaaa. Semakin banyak yang tau, akan semakin banyak juga yang peduli dan memulai. Mudah-mudahan, ke depan kosmetik aspal ini tidak lagi beredar.

Eniwei, pas googling gambar kosmetik palsu, aku nemuin ternyata Mba Risma malah udah duluan loh memulai merusak kemasan kosmetik sebelum membuangnya seperti yang dia tulis di sini dan di sini.

ps: gambar diambil di sini


    19 comments:

    caca on Selasa, Desember 01, 2009 9:32:00 PM mengatakan...

    iy bener serem bgt deh kosmetik palsu... bikin kulit kita rusak... >.<

    Lidya on Selasa, Desember 01, 2009 9:43:00 PM mengatakan...

    kalau beli kosmetik enaknya sih di counter resmi nya ya. trus kebiasaan ku juga kalo buang bekas pakainya di gunting atau di potong dulu

    ratna wulandari on Selasa, Desember 01, 2009 11:33:00 PM mengatakan...

    ia des..aku juga was do it..

    klo kosmetik/tempat sabun abis..biasanya aku hancurin dulu..biar gag di gunain lagi botolnya...

    good post saii..

    -Gek- on Rabu, Desember 02, 2009 8:30:00 AM mengatakan...

    Ngga bisa pake kosmetik yg diiklankan.. hih.. boro2 kosmetik asli.. (kulitku dah teriak..) apalagi yang palsu? Bisa pingsan!
    (kulit gek duduz sih.. huks huks)

    ajeng on Rabu, Desember 02, 2009 11:34:00 AM mengatakan...

    Terima kasih sudah mampir di rumah bunga saya. Salam kenal yach..
    Ehm,alhamdulillah saya gak pernah memakai kosmetik yg aneh2. Cuma bedak bayi saja..Thanks infonya,sangat bermanfaat ^_^

    vie_three on Rabu, Desember 02, 2009 12:44:00 PM mengatakan...

    waaahhhh untung aq gak pernah make kosmetik..... ^^

    desieria on Rabu, Desember 02, 2009 1:16:00 PM mengatakan...

    @ mba lidya: wah mba lidya udah lebih dulu memulai :D

    @ caca: iya betul ca..

    @ nana: wah nana jug audah duluan mulai :D

    @ -gek-: wah sensitif yaa mba kulitnya?

    @ mba ajeng: sama-sama mba..

    @ vie_three: hehe, masa sih?

    lina on Rabu, Desember 02, 2009 7:47:00 PM mengatakan...

    hihi, emang mending beli yang asli, agak mahalan dikit nggak papa asal aman.
    thx for share this info..des

    tealovecoffee on Rabu, Desember 02, 2009 10:07:00 PM mengatakan...

    waaa nice post! Aku ga pernah ngancurin wadah kosmetik T_T jgn2 yg beredar itu kosmetik bekasku... huehehe kayak pernah punya makeup aja :p

    desieria on Kamis, Desember 03, 2009 7:52:00 AM mengatakan...

    @ lina: sama2 bu :D

    @ tealovecoffee: sama nih aku jg ga pernah kaya gitu, makanya mulai skrg ayo kita hancurin :D

    Elsa on Kamis, Desember 03, 2009 12:50:00 PM mengatakan...

    ngeri yaaa
    untung jarang pake begituan! hihiihihi

    Ria on Kamis, Desember 03, 2009 3:50:00 PM mengatakan...

    aku juga gitu kalau habis make kosmetik botolnya tak rusak sebelum di buang membantu menghindari dipaka lagi dengan bahan palsu...aku pernah juga nonton ini di TV...serem ya :(

    ninneta on Kamis, Desember 03, 2009 4:07:00 PM mengatakan...

    iiiih ngeri ya.... kita tuh apa aja juga dipalsuin ya..... ngeri ah....

    rismahutabarat on Kamis, Desember 03, 2009 8:02:00 PM mengatakan...

    Waduh, makasih banget ya, Des.. Udah nyebutin nama saya di postingan kamu ini.. (senang ^^)

    Untuk urusan merusak kemasan, memang sudah rutin kita lakuin di rumah nih. Bukan hanya kemasan bekas kosmetik saja, tapi juga botol-botol shampoo atau bahkan botol bekas saus sekalipun. Dirusak dulu baru dibuang.

    Menurut saya, itu nggak muluk-muluk. Toh, setiap orang bisa melakukannya sendiri di rumah masing-masing. Iya kan?

    Sekali lagi, makasih ya, Des

    Salam sukses ^^

    desieria on Kamis, Desember 03, 2009 8:27:00 PM mengatakan...

    @ mba Elsa: iya ngeri banget mba. mba elsa ga pake juga udah cantik kok :D

    @ mba ria: waaah udah mulai duluan, salut looh mba :D

    @ mba ninneta: iya mba orang indonesia hobi malsuin heuheu

    @ mba risma: hehe, pas googling gambar, aku nyasar ke blog mba risma. wah ternyata udah duluan kaya gitu mba, aku salut. sama2 mba ^_^

    meuthia rizki on Minggu, Desember 20, 2009 2:28:00 AM mengatakan...

    lagi googling tentang blog orang menado, saya ketemu komentarnya mbba deasy, lalu saya klik, lalu saya nemu postingan ini...
    alhamdulillah nambah wawasan lagi tentang kosmetik palsu...

    desieria on Minggu, Desember 20, 2009 12:25:00 PM mengatakan...

    makasih yaaa mba sudah mampir :)

    Hijau Lumut on Kamis, Desember 24, 2009 10:59:00 AM mengatakan...

    Aihhh... serem banget des...
    Iya, aku juga pernah ga sengaja beli lipbalm merk ponds. Aku pikir Ponds mengeluarkan produk terbaru gitu. Eh, setelah dibeli, kok harganya murah ya? Trus setelah diamati, kemasannya juga jelek, tulisannya burem. Trus setelah mantengin Tv, ga ada tuh iklan Lipbalm Ponds. Oiya, temenku juga sempet beli Bedak Ponds. Untung aku segera nyadar kalo itu aspal...

    Huh... kok bisa-bisanya sih mereka mengeruk keuntungan sendiri tapi merugikan orang lain... Sebel deh kalo lihat program Investigasi di Tv. Kok semua-mua mau dipalsuin ya... *berapi-api*

    Tipsnya oke nih des. Mari kita rusak kemasannya, hahaha....
    Thanks for sharing.... ^^

    desieria on Kamis, Desember 24, 2009 12:00:00 PM mengatakan...

    @ hijau lumut: sama-sama yaaa... lain kali mudah2an kamu dan yg laen ga ketipu lagi :)

     

    Just About Me Copyright © 2010 Design by Ipietoon Blogger Template Graphic from Enakei; Image header by Desi Eria R.